Puncak Arus Balik Diprediksi Terjadi Hari Ini

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Winda Destiana Putri

Sabtu 09 Jul 2016 07:14 WIB

 Arus balik lebaran sudah terlihat dengan ramainya Stasiun Senen, Jakarta, Jumat (8/7), oleh pemudik yang kenbali dari kampung halaman. (Republika/Yasin Habibi) Arus balik lebaran sudah terlihat dengan ramainya Stasiun Senen, Jakarta, Jumat (8/7), oleh pemudik yang kenbali dari kampung halaman. (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada H+3 Lebaran atau hari ini, Sabtu (9/7). Hingga Jumat (8/7) lalu lintas angkutan terpantau masih lancar.

Ketua Posko Harian Angkutan Lebaran Nasional Terpadu Kementerian Perhubungan Sri Lestari mengatakan puncak arus balik akan berbeda dengan arus mudik lalu.

Karena pada arus mudik, semua pemudik menargetkan pada hari H lebaran sudah tiba di tujuan. "Sedangkan untuk arus balik menyesuaikan dengan kegiatan masing-masing," ujarnya baru-baru ini.

Titik kepadatan  pada rute Jawa Barat dari arah Sumatra diprediksi akan terjadi di Tol Karang Tengah, sementara untuk daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, titik kepadatan diprediksi akan terjadi di Pantura dan Pintu tol Brebes.

"Apabila terjadi kemacetan, kebijakan buka-tutup rest area akan kembali dilaksanakan," kata dia.

Sementara itu berdasarkan laporan harian Posko Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2016 sampai dengan Jumat (8/7) atau H+1, dilaporkan sebanyak 150.851 sepeda motor dan 13.401 mobil telah masuk ke wilayah Jabodetabek.

Sedangkan jumlah bus dan penumpang yang datang di terminal utama sebanyak 1.000 bus dan 9.477 penumpang, sementara untuk jumlah bus dan penumpang yang datang di terminal bantuan sebanyak 50 bus dan 1.768 penumpang.

Jumlah bus dan penumpang yang datang sebanyak 91 bus dan 150 penumpang. Penumpang moda kereta api pada hari Jumat mencapai 163.241 orang. Penumpang moda laut berjumlah 40.716 orang.

Terpopuler