10 Ribu Kendaraan Menyeberang ke Merak dalam Waktu 8 Jam

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Andi Nur Aminah

Sabtu 09 Jul 2016 01:00 WIB

Suasana antrean di pelabuhan Merak, Banten Foto: ROL/Sadly Rachman Suasana antrean di pelabuhan Merak, Banten

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON -- Peningkatan volume kendaraan yang berangkat dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak terus bertambah usai perayaan Idul Fitri 1437 Hijriyah‎. Penambahan jumlah ini memperlihatkan bahwa pemudik yang berangkat ke Sumatra mulai kembali ke Jawa untuk persiapan beraktivitas kembali.

Dari data ASDP Pelabuhan Bakauheni jumlah kendaraan yang datang mulai pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB Jumat (8/7) telah mencapai 10.003 kendaraan. Jumlah ini masih didominasi oleh kendaraan roda empat 5.043, bus 61 dan truk 73. Sedangkan roda dua mencapai 4.556.

Koordinator Data ASDP Pelabuhan Bakauheni Akhsan Muhtar menjelaskan, angka ini telah memperlihatkan adanya arus balik yang cukup signifikan. Sebab pada hari sebelumnya selama 24 jam hitungan ASDP, kendaraan yang melintas sekitar 9.000 kendaraan. "Sekarang baru delapan jam sudah sampai 10 ribu lagi," ujar Akhsan.

Terpisah, General Manajer ASDP Pelabuhan Merak Edi Hermawan memprediksi puncak mudik di pelabuhan ini hampir sama dengan jalur mudik lain yaitu H+2 dan H+3 atau Sabtu dan Ahad. Namun Edi menilai bahwa Sabtu malam akan menjadi puncak yang paling besar karena banyak pemudik harus bekerja kembali pada Senin pekan depan. "Mungkin Sabtu malam ini ramainya. Mereka memilih istrirahat sehari sebelum kerja lagi," kata dia.

Terpopuler