Volume Kendaraan di Jalur Selatan Jawa Mulai Meningkat

Rep: Fuji E Permana/ Red: Karta Raharja Ucu

Jumat 08 Jul 2016 22:36 WIB

Kemacetan jalur selatan, di daerah Limbangan, Kabupaten Garut, Senin (4/7) sore. (Mahmud Muhyidin) Foto: Mahmud Muhyidin Kemacetan jalur selatan, di daerah Limbangan, Kabupaten Garut, Senin (4/7) sore. (Mahmud Muhyidin)

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Volume kendaraan yang melintasi jalur selatan Jawa Barat mulai meningkat. Diperkirakan peningkatan tersebut karena arus balik Lebaran yang mulai terjadi.

Arus balik juga bercampur dengan arus wisata libur Lebaran 2016. Sebab, arus lalu lintas dari arah timur ke barat cukup padat cenderung macet. Sementara, kendaraan dari arah barat ke timur ramai lancar.

"Kendaraan yang melintasi Rajapolah Tasikmalaya sudah terjadi kepadatan sejak pukul delapan tadi," kata Kepala Pospam Rajapolah, AKP Tri Sumarsono kepada Republika.co.id, Jumat (8/7) malam.

Hasil pantauan Republika.co.id, jalur Ciamis menuju Tasikmalaya dan sebaliknya ramai lancar. Kemudian, dari Tasikmalaya menuju Garut melalui Rajapolah, Ciawi, Kadipaten sampai ke Malangbong Garut sangat ramai.

Di Pasar Malangbong, kendaraan dari arah Garut ke Tasikmalaya juga cukup ramai, sesekali menumpuk di belokan. Begitu pula arah sebaiknya.

Sebelumnya, arus kendaraan yang melintasi Ciamis, Tasikmalaya dan Garut sangat padat cenederung macet disejumlah titik. Namun, menuju tengah malam ini arus lalulintas mulai kembali lancar.

Terpopuler