Stasiun di Jakarta Belum Dipadati Penumpang Arus Balik

Red: Hazliansyah

Jumat 08 Jul 2016 22:20 WIB

  Suasana arus mudik calon penumpang kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (1/7). (Republika/Rakhmawaty La'lang) Suasana arus mudik calon penumpang kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (1/7). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penumpang kereta api arus balik yang menuju Ibu Kota Jakarta belum tampak memadati stasiun besar di Jakarta, seperti Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Besar Gambir, Jumat.

Berdasarkan pantauan Antara di kedua stasiun tersebut tidak ada lonjakan kedatangan penumpang yang signifikan.

Salah seorang penumpang yang baru tiba dari Solo, Yeni (32), mengatakan dia terpaksa kembali ke Jakarta dengan menggunakan kereta pagi karena tiket hingga H+7 Lebaran sudah habis terjual.

"Saya terpaksa kembali hari ini (Jumat) walaupun masih ada libur dua hari lagi soalnya dapatnya tiket tanggal 8 Juli 2016 aja," kata Yeni.

Sementara itu, masih banyak calon penumpang yang akan mudik ke Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur pada Jumat malam, meskipun Hari Raya Idul Fitri telah lewat.

Berdasarkan data milik PT Kereta Api Indonesia, jumlah penumpang yang melakukan perjalanan dari Stasiun Pasar Senen hingga Jumat sore tercatat mencapai 12.125 orang. Sementara penumpang yang baru tiba di Stasiun Senen sebanyak 12.724 orang.

Di Stasiun Gambir, jumlah penumpang yang berangkat ke wilayah timur Pulau Jawa sebanyak 5.055 orang, sedangkan 6.122 orang tercatat tiba di Stasiun tersebut.

PT KAI memprediksi puncak arus balik penumpang kereta akan terjadi pada Minggu (10/7) dan bahkan Senin pagi (11/7).

Terpopuler