Pengalihan Arus Antisipasi Macet di Km 103 Cipali

Rep: Lintar Satria/ Red: Yudha Manggala P Putra

Jumat 08 Jul 2016 13:30 WIB

Ribuan kendaraan terjebak kemacetan di ruas Jalan Tol Palimanan-Kanci KM 204 hingga gerbang tol Palimanan KM 188 Jalan Tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (15/7). Foto: Republika/Raisan Al Farisi Ribuan kendaraan terjebak kemacetan di ruas Jalan Tol Palimanan-Kanci KM 204 hingga gerbang tol Palimanan KM 188 Jalan Tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (15/7).

REPUBLIKA.CO.ID,  CIKAMPEK -- Kepala Pos Utama Pemantauan Mudik Polda Jabar AKBP Arief Budiman mengatakan polisi bakal menerapkan contraflow di kilometer 104 sampai kilometer 102 Tol Cipali bila terjadi kepadatan parah di sepanjang jalur itu. Upaya itu disiapkan karena perbaikan jalan pascalongsor di kilometer 103 masih berlangsung.

Selain contraflow, polisi juga menyiapkan pengalihan arus ke sejumlah pintu keluar tol.  "Yang pertama adalah exit tol Kalijati di 94 Km. Kalau masih padat kita keluarkan lagi exit tol Cilameri, Subang di 109 Km. Kalau masih padat juga kita keluarkan lagi di Cikedung itu di 37 Km," papar AKBP Arief, Jumat (8/7).

"Kita berharap dengan exit tol yang sudah kita siapkan itu kalau memang (macet) berat sudah kita persiapkan."

Berdasarkan pantauan, kepadatan kendaraan terjadi di 103 km Tol Cipali dari Jumat pagi hingga siang ini. Penumpukan kendaraan terjadi hingga sekitar lima kilometer menjelang KM 103. Arus kembali lancar setelah titik kilometer 103.

Terpopuler