Tiket Arus Balik Bakauheni Bisa Dibeli Lebih Awal

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Yudha Manggala P Putra

Jumat 08 Jul 2016 12:48 WIB

Ratusan kendaraan antre untuk memasuki kapal tujuan Bakauheni di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (2/7). Puncak arus mudik di Pelabuhan Merak diperkirakan terjadi pada hari ini sabtu (2/7) hingga Ahad (3/7). Foto: Republika/Raisan Al Farisi Ratusan kendaraan antre untuk memasuki kapal tujuan Bakauheni di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (2/7). Puncak arus mudik di Pelabuhan Merak diperkirakan terjadi pada hari ini sabtu (2/7) hingga Ahad (3/7).

REPUBLIKA.CO.ID, KALIANDA -- PT ASDP Pelabuhan Bahakauheni mulai menerapkan pembelian tiket lebih awal di luar pelab‎uhan. Pembelian ini bisa dilakukan di hotel sekaligus rest area Hotel 56 daerah Kalianda, Lampung Selatan. Tempat ini mudah didapat karena berada tepat di samping jalan utama lintas Sumatera.

Koordinator Penjualan Tiket ASDP Bakauheni Suryanto mengatakan, pihaknya mulai melaksanakan penjualan tiket ini sejak 08. 00, Jumat (8/7). Sejak dibuka, puluhan pemilik kendaraan langsung mendatangi tempat pembelian tiket ini. Meski jumlahnya belum terlalu banyak, namun angka ini dipastikan bakal bertambah melihat jumlah kendaraan yang menggunakan pelabuhan Bakauheni mencapai ratusan ribu.

"Sampai siang ini sih baru ada sekitar 80 kendaran roda empat yang beli tiket. Tapi pasti nambah ini," kata Suryanto.

Dia mengatakan, ‎pihak ASDP akan berjaga selama 24 jam pada masa mudik ini. Apalagi pemudik umumnya melakukan penyeberangan pada malam hari sehingga kerap ada penumpukan saat malam.

‎Salah satu pemudik Samsul Komar mengatakan, dirinya cukup terbantu dengan adanya penjualan tiket sebelum mencapai di pelabuhan. Sebab dengan tiket ini Samsul bisa mengantri di dermaga lebih cepat karena tiket dari sini nantinya bisa menggunakan jalur khusus. "Kemarin saya beli juga di tol pas mau nyeberang dari Merak. Itu cepet juga jadi ngantrenya lumayan kan waktu sebentar juga berarti," ungkap Samsul.

Tapi‎,pemudik dari Cirebon ini meminta agar pihak ASDP bisa memperbanyak publikasi melalui spanduk di jalan sebelum rest area 56. Sebab pengumuman pembelian tiket ini masih minim terlihat. "Tadi saya juga hampir kebablasan, nggak keliatan. Kasihan nanti pemudik lain yang mau beli tapi kelewat kan," katanya.

Di tempat pembelian rest area 56, pihak ASDP telah menyediakan tiga tempat pembelian tiket. Sebelum membeli tiket, pemudik diharuskan mengisi data yang berisikan nama jumlah penumpang di kendaraan, termasuk pengemudik kendaraan.

Selain itu, surat tanda nomor kendaraan  (STNK) kendaraan juga harus diperlihatkan untuk didata. Tidak sampai lima menit, pemudik sudah bisa mendapatkan tiket mereka.

Terpopuler