Arus Balik Mulai Terlihat di Tol Cipali

Rep: Kabul Astuti/ Red: Andi Nur Aminah

Jumat 08 Jul 2016 12:37 WIB

Kendaraan pemudik mengular menuju pintu keluar Tol Cipali, Jawa Barat, Sabtu (2/7).  (Republika/Wihdan Hidayat) Kendaraan pemudik mengular menuju pintu keluar Tol Cipali, Jawa Barat, Sabtu (2/7). (Republika/Wihdan Hidayat)

REPUBLIKA.CO.ID, BREBES -- Pergerakan arus balik Lebaran 2016 sudah mulai terlihat di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) pada Jumat (8/7). Pengelola tol Cipali sudah melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan pengaturan arus lalu lintas masuk Tol Cipali. Apabila gerbang tol (GT) Palimanan padat, arus lalu lintas akan diarahkan keluar di GT Plumbon.

"Pergerakan lalu lintas arus balik sudah mulai terpantau di Tol Cipali," kata Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya (LMS), Hudaya Arryanto, Jumat (8/7). Pantauan Jumat (8/7) pagi, gerbang masuk ke arah Jakarta dibuka sebanyak 10 gardu. Sedangkan gardu keluar ke arah Cirebon sebanyak 16 buah.

Jumlah kendaraan yang melintas di Tol Cipali arah balik dari Cirebon ke Jakarta yang masuk di GT Palimanan sampai dengan Jumat (8/7) tercatat sebanyak 24.660 kendaraan per hari. Di GT Palimanan, rata-rata volume lalu lintas ke arah Jakarta antara H-7 sampai dengan H-1 berkisar 14 ribu kendaraan per hari.

Arus balik kendaraan ke arah Jakarta diperkirakan mulai signifikan pada Jumat (8/7). Untuk melayani arus balik, GT Palimanan akan memfungsikan gardu-gardu tol dengan jumlah maksimal 21 gardu arah Jakarta dan lima gardu arah Cirebon. Skema arus balik disusun dari kebalikan skema arus mudik.

Sama halnya dengan saat arus mudik, pada saat arus balik LMS juga menyediakan voucher tol prabayar, khusus untuk kendaraan Golongan I yang melakukan pembayaran di GT Palimanan. Voucher ini khusus untuk kendaraan dengan gerbang asal Brebes Timur dan gerbang asal Cikarang Utama.

Voucher berlaku sebagai alat pembayaran di gardu tol laiknya uang pas. Sehingga proses pembayaran tol dapat berlangsung lebih cepat. Voucher prabayar ini berlaku pada 8 hingga 10 Juli 2016.

PT LMS juga menyediakan petugas jemput kendaraan untuk penjualan voucher prabayar dan penukaran uang kecil. Diskon 20 persen untuk pengguna kartu e-payment masih berlaku sampai H+3 lebaran. Ia juga mengimbau pengguna jalan untuk membayar dengan uang pas.

Hudaya menambahkan, LMS berkoordinasi dengan kepolisian untuk melakukan pengaturan arus lalu lintas masuk Tol Cipali. "Jika GT Palimanan padat, arus diarahkan keluar di GT Plumbon (satu gerbang sebelum GT Palimanan, di ruas tol Palikanci), melalui jalan arteri Cirebon-Palimanan-Bandung dan dapat masuk tol Cipali kembali di GT Sumberjaya," kata Hudaya.

Terpopuler