Bayar Tol Palimanan akan Gratis Jika Antrean Lebih dari 5 Km

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Dwi Murdaningsih

 Kamis 07 Jul 2016 20:22 WIB

Kendaraan pemudik melintas di Tol Cikopo-Palimanan, Jawa Barat, Sabtu (2/7). Pada H-4 lebaran kendaraan pemudik yang melaui Tol Cipali ramai lancar sejak sore hari. Hal ini berbeda dengan H-5 yang macet cukup panjang. Foto: Republika/Wihdan Hidayat Kendaraan pemudik melintas di Tol Cikopo-Palimanan, Jawa Barat, Sabtu (2/7). Pada H-4 lebaran kendaraan pemudik yang melaui Tol Cipali ramai lancar sejak sore hari. Hal ini berbeda dengan H-5...

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polri menyiapkan skenario menggratiskan biaya di pinto tol Palimanan jika panjang antrean kendaraan sudah mencapai 5 kilometer. Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan tol akan digratiskan sampai arus kendaraan lancar.

"Saya sudah koordinasi, di pintu Tol Palimanan kalau antrean sudah lima kilometer akan digratiskan," kata dia, Kamis (7/7)

Setelah arus kendaraan lancar, maka pengendara kembali harus bayar biaya tol. Namun begitu, Agung mengimbau pemudik untuk tidak menunggu gratisan hanya demi melewati tol tersebut.

Dia juga mengimbau pemudik untuk mencari jalur alternatif saat arus balik sehingga tidak semuanya menumpuk di Tol Cipali. Pemudik bisa pakai jalur selatan mulai dari Yogyakarta, Kebumen, Purworejo sampai Ciamis dan Garut.

Untuk menghindari macet panjang seperti yang terjadi di arus mudik kemarin, ia mengatakan Korlantas Polri akan menambah jumlah personel di pintu keluar tol Brebes Timur atau yang kini dikenal dengan sebutan Brexit (Brebes exit). Petugas akan membantu proses transaksi sehingga mengurangi penumpukan di pintu tol.

Berita Lainnya