Menhub Jonan Ingatkan Pemudik Isi Bensin Full Tank Sebelum Masuk Tol

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Damanhuri Zuhri

Kamis 07 Jul 2016 17:27 WIB

Menteri Perhubungan, Ignatius Jonan Foto: setkab.go.id Menteri Perhubungan, Ignatius Jonan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengingatkan pemudik agar mempersiapkan ketersediaan bensin untuk keperluan kembali ke Jakarta atau daerah tujuan balik lainnya setelah merayakan Lebaran di kampung halaman.

Jonan menyebutkan, meski fasilitas rest area dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) bisa ditemui di dalam ruas tol, namun bila kendaraan sangat padat bisa saja sulit untuk bisa masuk ke rest area.

Bahkan antrean yang ada untuk membeli BBM, berdasarkan pengalaman saat macet pada arus mudik kemarin, juga memperparah kemacetan yang ada.

"Semua harus siap. Ya kalau tahu lewat jalan tol ya tanki bensin diisi penuh. Masa bawa mobil macet 12 jam bensin habis? Kalau itu tanki penuh pasti macet 12 jam masih ada bensinnya. Ini memang perlu ada edukasi juga," kata Jonan.

Jonan menambahkan, pihaknya sedang gencar mengampanyekan kepada masyarakat untuk bisa melakukan perjalanan dengan bijak.

Artinya, pemudik harus sudah menyiapkan segala keperluan mudik termasuk kesiapan kendaraan seperti kondisi mesin dan ketersediaan bensin. "Kita belajar lah sama sama. Masyarakat juga belajar menggunakan jalan tol jarak jauh," katanya.

Sementara Pertamina juga menyiapkan langkah untuk mengantipasi kepadatan lalu lintas saat arus balik akhir pekan ini. Pertamina menjamin ketersediaan BBM selama arus balik ini.