H+1, Arus Mudik dan Balik Warnai Jalur Pantura Indramayu

Rep: Lilis Handayani/ Red: Bilal Ramadhan

Kamis 07 Jul 2016 16:23 WIB

Sejumlah kendaraan pemudik melintas di jalur Pantura, Losarang, Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (2/7). Memasuki H-4 Lebaran, arus mudik di jalur Pantura dipadati kendaraan roda dua. Foto: Antara Sejumlah kendaraan pemudik melintas di jalur Pantura, Losarang, Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (2/7). Memasuki H-4 Lebaran, arus mudik di jalur Pantura dipadati kendaraan roda dua.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Sehari setelah lebaran Idul Fitri 2016, arus mudik kendaraan dari arah Jakarta menuju Cirebon masih terjadi di jalur pantura Indramayu, Kamis (7/7). Di saat bersamaan, arus balik dari arah Cirebon menuju Jakarta juga sudah terjadi di jalur tersebut.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, sekitar pukul 11.30 WIB, arus mudik dan balik kendaraan berplat B terlihat sejak jalur pantura Kecamatan Sukra, yang berbatasan dengan Kabupaten Subang, hingga Kecamatan Lohbener. Selain sepeda motor, adapula kendaraan mobil pribadi pemudik yang mewarnai jalur tersebut.

Data dari pos Rekapitulasi Jumlah Arus Lalu Lintas Kendaraan Mudik dan Balik Lebaran 2016 Dishubkominfo Kabupaten Indramayu di Kecamatan Lohbener, jumlah kendaraan yang melintas di jalur pantura utama Indramayu dari arah Cirebon menuju Jakarta (arus balik), Kamis (7/7) pukul 08.00-12.00 WIB, totalnya mencapai 11.873 unit. Dari jumlah itu, sepeda motor mencapai 9.333 unit.

Sementara itu, pada waktu bersamaan, jumlah kendaraan yang melintas dari arah Jakarta menuju Cirebon totalnya mencapai 19.913 unit. Dari jumlah itu, sepeda motor mencapai 15.852 unit.

''Arus balik memang sudah mulai terlihat, tapi arus mudik juga masih terjadi,'' tandas petugas pencatat arus lebaran 2016, Irmawan Wahyu.

Terpopuler