Arus Balik Tol Cipali Diprediksi Jumat

Rep: Kabul Astuti/ Red: Andi Nur Aminah

Kamis 07 Jul 2016 15:21 WIB

Kendaraan pemudik mengular menuju pintu keluar Tol Cipali, Jawa Barat, Sabtu (2/7).  (Republika/Wihdan Hidayat) Kendaraan pemudik mengular menuju pintu keluar Tol Cipali, Jawa Barat, Sabtu (2/7). (Republika/Wihdan Hidayat)

REPUBLIKA.CO.ID, BREBES -- Arus balik Lebaran 2016 yang melintasi Tol Cikop - Palimanan diprediksi akan dimulai pada Jumat (8/7). Arus mudik kendaraan yang melintasi tol Cikopo-Palimanan selama Lebaran sampai dengan H+1 Lebaran, sebelumnya mengalami kenaikan dibanding H-1 dan H-2 Lebaran 2016.

Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya (LMS) Hudaya Arryanto, menyatakan kendaraan yang melintas di Tol Cipali arah Jakarta ke Cirebon dan keluar di gerbang tol Palimanan pada Rabu (6/7) pukul 06.00 hingga Kamis (7/7) 2016 pukul 06.00 WIB sebanyak 48.650 kendaraan per hari. "Angka ini lebih tinggi dibanding hari sebelumnya yang tercatat volume sebesar 22.680 kendaraan per hari" kata dia, Kamis (7/8).

Puncak arus mudik di tol Cipali dengan volume tertinggi sekitar 61 ribu kendaraan per hari telah terjadi pada H-4 lebaran atau Sabtu (2/7). Seperti halnya kondisi tahun sebelumnya di tol Cipali, cukup banyak pengguna jalan yang memanfaatkan hari pertama dan hari kedua Lebaran untuk perjalanan mudiknya sehingga volume lalu lintas menjadi lebih tinggi dibandingkan kondisi pada H-2 dan H-1.

Arus balik kendaraan ke arah Jakarta diperkirakan mulai pada Jumat (8/7). Hudaya menambahkan, pengelola tol terus mengupayakan percepatan transaksi di gerbang tol, antara lain dengan menerjunkan petugas jemput kendaraan untuk penukaran uang kecil.

Ia juga menyarankan pengguna jalan tol untuk menyiapkan uang pas atau menggunakan e-payment agar transaksi lebih cepat. Sampai dengan H+3 lebaran, khusus pengguna e-payment akan mendapat diskon sebesar 20 persen.

Terpopuler