Menko Darmin Kangen Masakan Daerah saat Lebaran

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Damanhuri Zuhri

Kamis 07 Jul 2016 15:20 WIB

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution Foto: Republika.co.id Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menjadikan momen Lebaran untuk bisa bernostalgia dengan masakan-masakan daerah yang biasa ia nikmati ketika bersilaturahim di kampung halaman.

Menu wajib yang ada saat perayaan Lebaran bagi Darmin adalah makanan khas Mandailing dan Manado. "Kalau di rumah, ya makanannya makanan dari daerah. Kan istri saya orang sulawesi. Saya orang sumatra. Ya dari dua daerah itu," ungkap Darmin Nasution saat ditemui di kediamannya, Kamis (7/7).

Darmin mengaku, salah satu menu yang selalu berupa daun singkong ditumbuk yang diguyur santan dan ikan sale yang dibalut cabai.

Tak hanya itu, ikan bakar dan olahan khas Manado lainnya juga wajib terhidang di atas meja makannya. Namun, selain makanan khas daerahnya dan istrinya, Darmin mengaku doyan juga dengan pecel yang berasal dari Jawa.

"Ya, iya itu menu wajib. Karena orang pasti dari daerah istri saya pada datang. Dari daerah saya pada datang. Sehingga lebih merasa at home," ujarnya.

Darmin menggelar open house di kediamannya di Jalan Widya Chandra IV nomor 17 pada hari kedua Lebaran. Sejak pagi, berbagai pejabat pemerintahan berkunjung ke kediaman Darmin termasuk Menkumham Yasona Laoli, pengusaha Sandiaga Uno, Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara, dan Ketua Kadin Rosan Roeslani.

Terpopuler