Tol Cipularang-Purbaleunyi Ramai Lancar, Cileunyi Macet

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Bilal Ramadhan

Kamis 07 Jul 2016 14:46 WIB

Tol Cileunyi Foto: ANTARAFOTO Tol Cileunyi

REPUBLIKA.CO.ID, CILEUNYI -- Pemudik lokal Jawa Barat mulai memenuhi ruas Tol Cipularang-Purbaleunyi pada hari kedua lebaran ini, Kamis (7/7) siang. Arus kendaraan di ruas tol yang menghubungkan Cikampek hingga Bandung ini sekarang lebih ramai dibanding H-6 hingga H-1 Lebaran.

Imbasnya, arus lalu lintas menumpuk di ujung Tol Purbaleunyi yang pintu keluarnya berada di gardu Cileunyi. Di sini, antrean kendaraan mencapai tiga kilometer.

"Selain karena padat, belum adanya 'jemput bola' dari operator tol untuk melayani transaksi bagi kendaraan yang mengantre," kata Kepala Pos Utama Pemantauan Mudik Polda Jabar, AKBP Arief Budiman, kepada Republika.co.id, Kamis (7/7).

Untuk itu, menurutnya Polda Jabar sedang melakukan koordinasi dengan pihak pengelola tol untuk mengurai kemacetan. "Kepadatan hanya terjadi di pintu keluar tol saja, kalau di ruas tol kendaraan masih bisa dipacu 60 km sampai 80 km per jam," kata perwira melati dua yang menjabat Kabag Ops Ditlantas Polda Jabar ini.

Berdasarkan pantauan, ramainya arus lalu lintas di Tol Cipularang-Purbaleunyi membuat kehati-hatian berkendara mesti lebih ekstra. Kontur jalan yang berbukit dan berkelok membuat fokus mengemudi harus lebih terjaga karena jarak antarmobil amat rapat.