Pengelola Ragunan Minta Pengunjung Hati-Hati Saat Selfie Dekat Primata

Rep: c36/ Red: Bilal Ramadhan

Kamis 07 Jul 2016 14:42 WIB

Warga mengisi hari libur berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan, Ahad (27/12).  (Republika/Yasin Habibi) Warga mengisi hari libur berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan, Ahad (27/12). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Humas Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang P, meminta pengunjung hati-hati saat melakukan foto selfie (berswafoto) dengan hewan primata. Hewan-hewan tersebut mudah terusik dengan perilaku manusia.

"Monyet-monyet biasanya suka tertarik dengan pengunjung yang berfoto selfie. Ada  beberapa kejadian handphone pengunjung diambil oleh monyet. Selain tertarik, pengunjung ternyata juga telah melewati garis batas kandang," ujar Wahyudi kepada Republika di kantornya, Kamis (8/7).

Berdasarkan pengalaman pengunjung, diketahui bahwa daya jangkau tangan monyet dan primata lain sekitar satu meter hingga satu setengah meter. Karena itu, pihaknya mengimbau pengunjung berada di jarak yang aman saat berfoto selfie.

"Tipsnya, pengunjung jangan sampai melewati garis batas kandang. Selain itu ambil posisi di tempat dengan jarak yang sekiranya aman dari jangkauan tangan monyet," ungkap Wahyudi.

Selain primata, perilaku hewan lain menurut Wahyudi relatif aman terhadap kebiasaan selfie manusia. Namun, dia tetap mengimbau agar pengunjung tidak melewati garis batas pagar saat menonton hewan jenis apapun.

Terpopuler