Kue Lapis Menu Wajib Lebaran Warga Sambas

Red: Esthi Maharani

Kamis 07 Jul 2016 11:13 WIB

Kue lapis / Ilustrasi Foto: ABC News Kue lapis / Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SAMBAS -- Masyarakat di Kabupaten Sambas memiliki menu wajib yang disajikan saat Lebaran yakni kue lapis. "Kue yang berbahan baku utama telur, tepung terigu, mentega dan sejumlah bahan lainnya dan dalam tekstur yang disusun berlapis-lapis ini hampir di setiap rumah membuatnya," kata Dedy Hairani, warga Sekadim, Kecamatan Tebas, di Sambas, Kamis (7/7).

Menurut Dedy Hairani, sudah menjadi tradisi turun temurun kue lapis disajinkan warga ketika Lebaran. "Yang menjadi identik Lebaran di Sambas dibandingkan daerah lainnya di Kalbar dan bahkan di Indonesia adalah soal menu yang disajikan di saat kunjung berkunjung sesama warga, keluarga taulan dan lainnya yakni kue lapis," ujarnya.

Dedy menjelaskan untuk kue lapis terdapat berbagai jenis. Namun kue lapis yang populer di Sambas dan menjadi favorit warga daerah lain karena rasa yang khas dan enak adalah kue lapis kacang dan susu.

"Lebaran berbagai kue lapis semua ada, mulai kue yang masih menggunakan resep asli atau sudah dikreasikan dengan inovasi baru. Namun lapis kacang dan kue lapis susu sangat khas dan menjadi kue andalan Lebaran," tuturnya.