Tamu Antre Masuk ke Rumah BJ Habibie

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ilham

Rabu 06 Jul 2016 19:15 WIB

Mantan Presiden BJ Habibie Foto: Antara/Regina Safri Mantan Presiden BJ Habibie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden ke-3 BJ Habibie menggelar open house hari raya Idul Fitri 1437 H di kediamannya, Kuningan Jakarta. Pejabat negara maupun warga biasa hadir pada acara yang dilaksanakan dari pukul 17.00 hingga 20.00 WIB.

Pantauan Republika.co.id pukul 17.30 WIB, para tamu antre untuk masuk ke kediaman Habibie. Tampak beberapa pejabat negara seperti Ketua DPR Ade Komaruddin, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, dan Ketua ICMI Jimly Asshidiqie dan Sekretaris Jenderal Idrus Marham.

Menteri Anies mengatakan, kedatangannya untuk silaturrahmi. Anies menyebut Habibie seperti orang tuanya sendiri. "Silaturrahmi mendatangi orang tua adalah tradisi yang luar biasa di kita," kata Anies di Kediaman Habibie, Kuningan Jakarta, Rabu (6/7).

Dia menuturkan, Indonesia memiliki tradisi berbeda dengan negara lain. Memberi ucapan Id Mubarak dengan dibarengi silaturrahmi hal yang mencolok pada tradisi Indonesia. Tradisi ini merupakan kebudayaan yang luar biasa buat Anies. Dia berharap kebudayaan semacam ini perlu disebarkan keseluruh dunia.

"Dan alhamdulillah kita masih memprakraktekkannya," tuturnya.

Anies mengaku bersilaturrahim kepada Habibie setiap tahun. Pasalnya, Anies menegaskan sebagai yang lebih muda menganggap Habibie sebagai orang tuanya.

Terpopuler