Volume Kendaraan Masuk Tol Cikarang Utama Melonjak

Rep: Lintar Satria/ Red: Yudha Manggala P Putra

Rabu 06 Jul 2016 17:13 WIB

Sejumlah kendaraan menuju Jakarta mengantre di Gerbang Tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat Foto: Musiron/Republika Sejumlah kendaraan menuju Jakarta mengantre di Gerbang Tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, CIKAMPEK -- Arus lalu lintas Jakarta- Cikampek terpantau padat pada hari Lebaran, Rabu (6/7) . Humas PT  Jasamarga Tol Jakarta-Cikampek Iwan Abrianto mengatakan volume kendaraan yang masuk ke gerbang tol Cikarang Utama mulai melonjak.

"Hari pertama Lebaran para pengguna jalan tol melakukan perjalanan arus mudik tahap ke dua , dimana terlihat lonjakan arus lalu lintas di gerbang tol Cikarang Utama," kata Iwan, Rabu (6/7).

Iwan mengatakan dari catatan kendaraan yang masuk, ada kenaikan 70 persen dari arah Jakarta menuju ke arah Cikampek, Bandung dan Cipali. Jumlah kendaraan yang masuk sejak pukul 06:00 sampai 14:00 WIB hari ini sebanyak 37.288 kendaraan yang normalnya hanya 22.202 kendaraan.

Akibat kepadatan tersebut pengelola tol melakukan rekayasa contraflow di kilometer 19. "Sampai saat ini lokasi TIP KM 19 dilakukan buka tutup," kata Iwan.

Tapi di Km 72 yang biasanya ada rekayasa lalu lintas ketika terjadi kemacetan justru terlihat lancar. Iwan mengatakan di Km 72/A arah Cipali dan Cikampek cukup lancar dengan kecepatan pengendara rata-rata 90 km/Jam.

Terpopuler