Tol Cipularang-Purbaleunyi Lengang, Ini Penjelasan Polisi

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Ilham

Rabu 06 Jul 2016 15:35 WIB

Tol Cipularang Tol Cipularang

REPUBLIKA.CO.ID, CILEUNYI -- Pemandangan tak biasa terlihat di sejumlah pintu keluar Tol Purbaleunyi, Kota Bandung pada masa mudik 2016.  Dibanding hari biasa, khususnya akhir pekan, ujung Tol Pubaleunyi yang ada di pintu keluar Tol Cileunyi ini lebih lengang.

Padahal, tiap akhir pekan pemandangan antrean panjang kendaraan yang hendak mengunjungi Bandung adalah hal biasa di sini. Kasubdit Kamsel Lantas Polda Jabar AKBP Gondo Triyono mengatakan, ada faktor tersendiri yang membuat kelengangan arus mudik terjadi menuju Kota Bandung.

"Begini, Bandung itu kan sebenarnya bukan kota tujuan mudik seperti masyarakat yang ke Jawa Tengah, makanya banyak yang lebih meramaikan Tol Cipali," kata Gondo Rabu (5/7).

Perwira melati dua ini mengatakan, Bandung kerap ramai didatangi kendaraan pada akhir pekan karena Kota Kembang adalah tempat liburan. Sehingga, wajar ketika musim mudik, arus di ruas tol menuju Bandung lebih lengang.

 

"Kalau liburan ya banyak ke Bandung, kalau mudik, masyarakat khususnya dari Jakarta dan sekitarnya ya pulang yang mayoritas kampung halamannya di Jawa Tengah dan Jawa Timur," kata dia.