18 Pemudik di Jalur Brebes Meninggal Dunia

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ilham

Rabu 06 Jul 2016 10:23 WIB

Lalu lintas ke arah Tol Pejagan dan Brebes Foto: Twitter @TMCPoldaMetro Lalu lintas ke arah Tol Pejagan dan Brebes

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Beberapa hari menjelang Lebaran Idul Fitri 1437 H, pemudik sudah memadati beberapa jalur mudik, baik tol maupun reguler. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes mengungkapkan, hingga saat ini ada 18 pemudik yang meninggal dalam perjalanan.

"Di Kabupaten Brebes, pemudik yang meninggal dari H-7 sampai sekarang tercatat 18 orang," kata Kepala Dinkes Kabupaten Brebes Sri Gunadi Purwoko kepada Republika.co.id, Rabu (6/7).

Dia menyatakan, korban yang meninggal bukan karena kemacetan di Tol Brebes Timur, Jawa Tengah. Menurut Sri, faktor penyebabnya karena penyakit bawaan atau kondisi pemudik.

"Kalau meninggal karena kemacetan kan semua yang dari Jakarta kena macet. Jadi bukan karena macet di Tol Brexit atau jalur lainnya, tapi memang karena kondisi fisik," kata Sri.

 

Sementara itu, data 18 orang yang meninggal saat perjalanan masih menunggu konfirmasi dari Dinkes Kabupaten Brebes. Dinkes Kabupaten Brebes juga mengungkapkan kemacetan jalur mudik di Brebes bukan penyebab para pemudik tersebut meninggal.