Jokowi Shalat Id di Masjid Raya Sumatra Barat

Rep: Umi Lalilatul/ Red: Yudha Manggala P Putra

Rabu 06 Jul 2016 09:05 WIB

Jokowi Shalat Ied di Balai Kota: Gubernur DKI Jakarta sekaligus Presiden terpilih 2014-2019 Joko Widodo menjalankan ibadah salat Ied di halaman Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (28/7). Foto: Yasin Habibi/ Republika Jokowi Shalat Ied di Balai Kota: Gubernur DKI Jakarta sekaligus Presiden terpilih 2014-2019 Joko Widodo menjalankan ibadah salat Ied di halaman Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (28/7).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Presiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana dan kedua anak mereka melaksanakan shalat Idul Fitri di Masjid Raya Sumatra Barat, Kota Padang, Rabu (6/7).

Presiden terlihat mengenakan jas abu-abu dan sarung taqwa. Tak ketinggalan, Jokowi juga mengenakan peci hitam. Adapun Ibu Negara terlihat cantik mengenakan baju tunik putih yang dipadu jilbab warna senada.

Shalat id dimulai pukul 07.30 WIB. Presiden berada di shaf paling depan dengan diapit Ketua DPD RI Isman Gusman dan Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno. Shalat id dipimpin oleh Kyai Haji Indra Hadi. Sementara khutbah Idul Fitri dibawakan oleh Kyai Urwatul Wusqa.

Khutbah Idul Fitri yang dibawakan dalam shalat id kali ini mengangkat tema menjaga silaturrahim. Khatib menerangkan alasan kenapa ummat Muslim harus menjaga hubungan baik dengan semua ummat manusia. Rasulullah, kata khatib, mengajarkan bahwa salah satu akhlak yang baik adalah menyambung silaturahmi dan menjadi pribadi yang pemaaf.

"Di hari yang fitri ini, mari kita jaga tali silaturahmi untuk mempersatukan kekuatan bangsa," ujar khatib Kyai Urwatul Wusqa.