Ribuan Warga Padang Padati Masjid Raya

Red: Ani Nursalikah

Rabu 06 Jul 2016 07:18 WIB

Masjid Raya Ganting di Padang, Sumatra Barat. Foto: en.wikipedia.org Masjid Raya Ganting di Padang, Sumatra Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Ribuan warga Padang, Sumatra Barat, sudah memadati Masjid Raya guna melaksanakan shalat Idul Fitri bersama Presiden Joko Widodo sejak Rabu pagi (6/7).

Berdasarkan pantauan, warga mulai berdatangan sejak pukul 06.00 WIB untuk melaksanakan shalat yang digelar di halamam depan masjid.

Ratusan aparat keamanan terlihat berjaga-jaga di sepanjang jalan menuju lokasi.

Untuk akses masuk semua jamaah harus melewati pemeriksaan oleh Paspampres serta melewati pintu khusus. Presiden Jokowi beserta rombongam dijadwalkan tiba di Masjid Raya pada pukul 06.30 WIB.

Salah seorang warga Padang, Hasan mengaku berangkat dari rumah pukul 05.30 WIB ke Masjid Raya agar bisa shalat bersama Presiden.

Sebelumnya Pengurus Masjid Raya Sumatra Barat di Padang mengimbau masyarakat yang ingin Shalat Idul Fitri bersama Presiden Joko Widodo, Rabu pagi agar datang lebih awal.

"Kami menginginkan pelaksanaan Shalat Idul Fitri dilaksanakan lebih awal agar jamaah yang shalat di luar tidak kepanasan," kata Ketua Pengurus Masjid Raya Sumbar, Yulius Said.

Ia menambahkan, takbir dimulai pada pukul 07.00 WIB sedangkan shalat akan dimulai pada pukul 07.45 WIB.

"Karena kali ini Shalat Idul Fitri bersama Presiden, maka kemananan akan ditingkatkan seperti setiap jamaah diperiksa dengan detektor logam sehingga jamaah hanya bisa masuk satu per satu," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, masyarakat diimbau lebih cepat datang agar tidak terlambat melaksanakan shalat.

 

 

Terpopuler