Shalat Idul Fitri di Jayapura Berjalan Aman

Red: Damanhuri Zuhri

Rabu 06 Jul 2016 05:54 WIB

Ribuan umat muslim melaksanakan Shalat Idul Fitri Ribuan umat muslim melaksanakan Shalat Idul Fitri

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1437 Hijriah oleh ribuan umat Muslim Jayapura, Papua, di halaman Kantor Gubernur Papua berjalan dengan aman dan lancar.

Dari pantauan di lapangan, ribuan umat Muslim telah memadai halaman Kantor Gubernur Papua sejak pukul 06.00 Waktu Indonesia Timur (WIT) dan mulai duduk berdasarkan posisi yang sudah ditetapkan oleh Panitia Shalat Ied setempat.

Shalat Idul Fitri 1437 Hijriah di halaman Kantor Gubernur Papua dipimpin Imam Ustaz Abdul Kadir dengan khatib Ustaz Syaiful Muhyidin yang merupakan Dosen Ilmu Alquran dan Tafsir STAIN Al-Fatah Jayapura.

Ustaz Syaiful Muhyidin dalam khutbahnya, Rabu, mengatakan umat Muslim diminta untuk memperbaiki hubungan dengan sesama supaya mendapat rahmat. "Allah SWT juga meminta umatnya tidak terlalu berlebihan sehingga memperhatikan fisik dan rohani dalam menjalankan ibadahnya," katanya.

Menurut Ustaz Syaiful Muhyidin, di bulan suci Ramadhan kualitas umat Muslim diuji untuk menjadi tolak ukur dalam menjalankan kehidupan selanjutnya. "Apakah dalam puasa pada bulan Ramadhan umat Muslim mampu menjauhkan diri dari adu domba yang merugikan diri sendiri dan sesama." ujarnya.

Dia menuturkan puasa merupakan sebuah perisai agar umat Muslim dapat memproteksi dirinya dari berkata-kata yang tidak baik, berkelakuan buruk dan lain sebagainya.

"Untuk itu di akhir Ramadhan menjadi sebuah pintu kemenangan bagi umat Muslim yang dapat menahan godaan dan nafsunya untuk menikmati rahmat Allah," ujarnya menjelaskan.

Terpopuler