Jasa Cuci Mobil Kewalahan Jelang Lebaran

Red: Yudha Manggala P Putra

Rabu 06 Jul 2016 01:50 WIB

Bisnis cuci mobil Foto: Republika/Darmawan Bisnis cuci mobil

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Sejumlah tempat jasa pencucian mobil dan sepeda motor di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kewalahan melayani pelanggan pada H-1 Lebaran Idul Fitri 1437 Hijriyah.

Pemilik jasa pencurian mobil PT Andi Surya, Ukka (41) di Kendari, Selasa, mengatakan pemilik kendaraan menginginkan bersih-bersih menyambut perayaan Idul Fitri 1437 H besok (6/7). "Pelanggan mulai berdatangan sejak kemarin. Kalau rumah bersih maka mobil pun harus bersih," kata Ukka.

Pelanggan yang datang antara 15 hingga 35 mobil sehari, padahal hari-hari biasa sekitar 20 kendaraan roda empat.

Meskipun pelanggan meningkat berlipat ganda namun tidak menaikkan tarif atau tetap Rp 35.000 per unit mobil dan sepeda motor Rp 12.000 demi kenyaman dan kesetiaan pelanggan.

Salah seorang pelanggan, Khaidir Adam mengatakan dirinya mengetahui tempat pencucian mobil Andi Surya Anduonohu setelah diberi tahu oleh tamannya. "Ya, banyak pilihan mencuci mobil tetapi saya terlanjur percaya dengan Andi Surya Car wash," kata Khaidir.

Selain pelanggan pencucian mobil juga dari pantauan bahwa usaha jasa perbengkelan di Kota Kendari dipadati kendaraan pemudik yang datang maupun yang akan pergi ke luar daerah.

Seorang pemilik bengkel mobil Nasir (51), membenarkan bahwa dalam beberapa hari terakhir terjadi peningkatan kunjungan pemilik kendaraan yang hendak mengecek kondisi fisik kendaraan.

"Ya, yang diperiksa menyangkut, rem, stir, ban dan juga mesinnya," kata Nasir yang sudah puluhan tahun membuka usaha perbengkelan mobil.

Ia mengatakan dalam sehari bisa sampai 20 mobil yang datang ke bengkelnya, padahal biasanya hanya sekitar delapan kendaraan dilayaninya.

Hal senada juga disampaikan Andi Sinosi (46), pemilik bengkel sepeda motor di kawasan Pasar Anduonohu bahwa beberapa hari terakhir diserbu pemilik kendaraan roda dua. "Umumnya mereka persiapan mudik. Sebelum mudik kendaraan di-service agar lancar dalam perjalanan ke kampung halaman," katanya.

Terpopuler