Warga Makassar Antusias Takbiran Keliling

Red: Karta Raharja Ucu

Selasa 05 Jul 2016 21:28 WIB

Takbiran Keliling (ilustrasi) Foto: Republika/Prayogi Takbiran Keliling (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Warga antusias menyaksikan kendaraan hias dimodifikasi replika kubah masjid melakukan pawai takbir keliling di sejumlah ruas jalan protokol di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan pada malam takbiran Lebaran 2016, Selasa (5/7) malam.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto melepas puluhan kendaraan hias start di depan Balai Kota Makassar Jalan Jenderal Ahmad Yani sebagai bentuk dukungan kegiatan tahunan di Makassar. Sedangkan rute pawai menuju Jalan Sudirman, Haji Bau, Pasar Ikan Pantai Losari, Penghibur, dan kembali ke Jalan Ahmad Yani, dan berakhir (finish) di Monumen Mandala Jalan Sudirman.

"Kegiatan ini memang agenda rutin digelar setiap malam takbiran dan sudah menjadi tradisi masyarakat Makassar. Selain itu menjadi hiburan warga menyambut hari kemenangan setelah berpuasa sebulan penuh," ujar Wali Kota Ramdhan Pomanto lagi.

Pawai takbir kendaraan hias tersebut diikuti 14 kecamatan dan sejumlah kelurahan di Makassar seperti pada tahun sebelumnya. Iring-iringan kendaraan hias tersebut juga dilengkapi pengeras suara dan soundystem dengan mengumandangkan gema takbir, tahmid, dan tahlil.

Puluhan mobil pikup yang telah dimodifikasi layaknya replika masjid dan dihiasi beduk mini yang ditumpangi pemuda berbaju putih-putih, duduk secara teratur sambil mengumandangkan takbir tanda kemenangan. Selain itu, pawai takbir keliling ini juga dikawal lurah dan camat masing-masing termasuk mobil patroli petugas kepolisian bahkan ratusan iring-iringan sepeda motor ikut ambil bagian dalam pawai tersebut sehingga terlihat semakin ramai dan semarak .

Selain itu juga diperlombakan kategori kendaraan hias yang paling menarik dan semangat termasuk ornamen dalam mobil hias tersebut. "Pawai takbir keliling ini akan dinilai panitia siapa peserta yang paling bagus, menarik, dan paling bersemangat akan mendapatkan hadiah," kata Wali Kota Pomanto itu lagi.

Terpopuler