Begini Kesibukan Warga Pulau Pramuka di Akhir Bulan Ramadhan

Rep: c62/ Red: Maman Sudiaman

Selasa 05 Jul 2016 19:05 WIB

Aktivitas warga di Pulau Pramuka. Foto: Ali Yusuf/Republika Aktivitas warga di Pulau Pramuka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA, KEPULAUAN SERIBU -- Waktu menunjukkan pukul 16.30 WIB dan sejumlah warga Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Provinsi DKI Jakarta tampak sibuk. 

Sebagian besar aktivitas warga terpusat di Masjid Jami Al-Makmuriayah RT 02/04 Pulau Pramuka yang mengumandangkan gema takbir. Sementara sejumlah warga lainnya terlihat membagikan zakat fitrah, sedangkan warga lainnya sibuk menyiapkan buka bersama dengan menu seadanya.

Semua warga terutama anak kecil berkumpul di masjid mengumandangkan takbiran.Sebagian anak-anak dan remaja tanggung terlihat aktif menabuh bedug yang sudah terpajang rapi di halam masjid yang luasnya setengah lapangan bola di kampung.

"Kepada semua putra-putri remaja, ibu dan bapak warga pulau pramuka mari kita melakukan takbiran," begitu ajakan yang keluar dari masjid Jami Al-Makmuriyah menjelang matahari terbenam di Kepulau Seribu Utara.

Takbiran berjamaah di dalam masjid utama warga Pula Pramuka itu dilakukan setelah sebelumnya pemuda dan pemudi Pulau Pramuka sibuk menggelar berbagai macam kegiatan religi menyambut bulan 1 Syawal 1437 Hijriah.

Kegiatan menyambut hari raya Idul Fitri itu dilakukan sejak hari Senin tanggal 4 Juli. Lomba yang kebanyakan pesertanya didominasi anak usia dini ini di antaranya lomba azan, lomba busana muslim, dan lomba rampag beduk. 

"Hanya rampag bedug yang diikuti peserta yang usianya sudah dewasa," kata Muslim Ketua Panitia Pelaksana acara kegiatan akhir Rhamadan, kepada Republika, Selasa (5/8).

Muslim mengatakan kegiatan di akhir bulan Rhamadan ini sudah digelar sejak tiga tahun yang lalu. Tujuan kegiatan ini dilakukan untuk mewujudkan rasa syukur setelah kita berhasil menyelesaikan puasa di bulan suci Rhamadan.

"Selain itu kegiatan ini juga untuk mempererat tali silaturahmi," katanya.

 

 

Terpopuler