ASDP Merak Siapkan Tempat Shalat Id Bagi Pemudik

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Hazliansyah

Selasa 05 Jul 2016 18:41 WIB

Antrean kendaraan di dermaga 3 Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten pada Senin (4/7) atau H-2 lebaran 1437 Hijriyah tampak lengang. Foto: Republika/Ahmad Fikri Noor Antrean kendaraan di dermaga 3 Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten pada Senin (4/7) atau H-2 lebaran 1437 Hijriyah tampak lengang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelabuhan Merak terus dipadati pemudik hingga H-1 Lebaran. Bahkan pemudik diprediksi terus berdatangan jelang Shalat Idul Fitri.

Mengatisipasi hal ini, ASDP Pelabuhan Merak sudah menyiapkan lahan untuk pemudik bisa ikut Shalat berjamaah.

"Kita tiap tahun adakan tempat Shalat bagi pemudik. Biasanya suka ada yang ingin berangkat beres Salat I'd dari pelabuhan," ujar Humas ASDP Mario S Oetomo, Selasa (5/7).

Mario menjelaskan, biasanya memang tak banyak penumpang yang ikut shalat Id bersama di ASDP Merak. Namun untuk mengantisipasi, maka pihak ASDP selalu mengadakan shalat Id berjamaah.

Dengan program ini, ASDP juga bisa mengakomodir masyarakat sekitar pelabuhan yang ingin shalat Id. Bahkan biasanya lebih banyak warga dibandingkan pemudik yang hadir.

"Nanti kita adakan di toll gate. Tempatnya cukup luas, semua pekerja yang kebetulan ada di pelabuhan bisa ikut shalat di sini," lanjut Mario.

Sementara, untuk jumlah pemudik yang melewati pelabuhan merak sudah berkurang sangat drastis. Jika sebelumnya dalam satu hari Pelabuhan Merak dipadati mencapai lebih dari 30 ribu kendaraan, saat ini hanya ada setengahnya atau sekitar 15 ribu kendaraan.