Polisi: Pemudik Senang Lewat Cipali Meski Tahu akan Macet

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Indira Rezkisari

Selasa 05 Jul 2016 12:50 WIB

Kendaraan melintas di Tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (2/7). Pada H-4 Idul Fitri 1437 H arus kendaraan di Tol Cipali terpantau padat. Foto: Antara Kendaraan melintas di Tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (2/7). Pada H-4 Idul Fitri 1437 H arus kendaraan di Tol Cipali terpantau padat.

REPUBLIKA.CO.ID, CIKOPO -- Kemacetan masih menjadi masalah utama bagi para pemudik menjelang hari Lebaran 2016. Hadirnya Tol Cipali yang diprediksi bisa mengurai kemacetan ternyata masih menyisakan masalah.

Ujung Tol Cipali di Palimanan yang terintegrasi hingga Brebes di Jawa Tengah kerap jadi biang kemacetan. Puluhan jam pengendara bisa terjebak di Brebes akibat kepadatan.

Untuk itu, mengevaluasi musim mudik pada H-1 lebaran, kepolisian mengimbau masyarakat untuk tidak memokuskan keinginan melewati Tol Cipali. Dia mengatakan, jika ingin terhindar macet, jalur lama Pantura bahkan jalur selatan menuju Jateng bisa dilalui.

"Masyarakat selalu berpikir untuk lewat tol setiap ke Jateng dari Jakarta, padahal andai arus mudik mau terbagi ke tol dan Pantura volume kendaraan bisa lebih normal di kedua jalur tersebut," kata Kasubdit Kamsel Lantas Polda Jabar AKBP Gondo Triyono kepada Republika.co.id, Selasa (5/7).

Gondo mengatakan, sudah saatnya masyarakat menghilangkan keinginan untuk penasaran terus mencoba Tol Cipali. Menurut pengamatan dia, selalu jadi fenomena unik setiap tahun ketika pemudik senang mudik ke Jateng dengan tol meski sudah banyak beredar informasi adanya kemacetan di pintu keluarnya.

"Apalagi ini kan tol baru, bisa tembus Jakarta-Brebes jadi banyak masyarakat penasaran, sebaiknya ini yang perlu masyarakat pikirkan lagi," kata perwira melati dua ini.