Antrean Kendaraan di Brexit Menurun Drastis

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Andi Nur Aminah

Selasa 05 Jul 2016 12:17 WIB

Kendaraan terjebak macet di exit Tol Pejagan - Brebes Timur, Jawa Tengah, Kamis (30/6). Foto: Antara/Oky Lukmansyah Kendaraan terjebak macet di exit Tol Pejagan - Brebes Timur, Jawa Tengah, Kamis (30/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panjang antrean kendaraan bermotor di pintu keluar tol Brebes Timur (Brexit) pada H-1 Lebaran ini jauh berkurang dibanding antrean yang terjadi pada H-2 kemarin. Posko Terpadu Angkutan Lebaran Kementerian Perhubungan mencatat, hingga Selasa (5/7) pagi tadi panjang antrean kendaraan di Brexit mencapai 1,2 kilometer. Hal ini jauh berkurang dibanding antrean kemarin yang menyentuh 20 kilometer lebih.

Meski begitu, antrean kendaraan justru berpindah ke pintu keluar tol Pejagan di mana pagi ini ternyata terjadi antrean sepanjang 14 km lebih. Ketua posko harian Kemenhub Eddi menyebutkan, situasi kepadatan lalu lintas juga terjadi di jalan arteri Kota Brebes. Hal ini membuat pihak kepolisian melakukan contra flow di sejumlah ruas jalan.

Selain itu, jalur mudik utama yang masih terpantau laju kendaraan yang padat merayap adalah simpang Ciawi dan arah masuk Tol Brebes dan Nagrek (Cagak). Sementara ruas jalan lainnya relatif ramai lancar.

Sementara itu, data dari Kakorlantas Polri menyebutkan telah terjadi 260 kali kecelakaan lalu lintas selama arus mudik Lebaran kali ini. Dari angka tersebut, terdapat 45 orang korban meninggal dunia, 72 orang korban luka berat, 357 orang luka ringan, dan sebanyak Rp 600 juta kerugian material yang dialami.

Terpopuler