Dua Ribuan Orang Berwisata ke Kepulauan Seribu

Red: Yudha Manggala P Putra

Selasa 05 Jul 2016 08:58 WIB

Ratusan pengunjung memadati pantai wisata Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Jakarta, Kamis (31/7). Foto: Antara Ratusan pengunjung memadati pantai wisata Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Jakarta, Kamis (31/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 2.000-an pemudik berwisata ke Kepulauan Seribu dari arah Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara, Selasa (5/7).

Kepala Pelabuhan Khairul Anwar di Jakarta, Selasa , mengatakan ada 10 kapal yang disediakan bagi penumpang yang berangkat sehari sebelum Lebaran 2016. "Kami melayani penyeberangan ke enam pulau seperti Pulau Tidung, Pramuka dan Kelapa," ujarnya saat ditemui di kantornya.

Dia menambahkan, jumlah penumpang yang berangkat sebelum malam takbiran ini bukanlah yang tertinggi. Puncak keberangkatan diperkirakan terjadi pada tanggal 8 dan 9 Juli 2016. Pada saat itu, jumlah penumpang yang berangkat ke Kepulauan Seribu bisa mencapai 5.000-7.000 orang yang kebanyakan adalah wisatawan domestik yang mudik ke kampung halaman.

"Untuk mengantisipasi itu kami menyiapkan 25 sampai 30 kapal, tapi masa kunjungan para pengunjung ke Kepulauan Seribu bervariasi," katanya.

Secara terpisah, warga Jakarta Barat, Juri, mengatakan dia dan dua orang temannya akan berlibur di Pulau Tidung selama dua hari.

Sementara itu, Fahrizal mengaku dirinya tinggal lebih lama karena tujuannya ke Kepulauan Seribu adalah untuk merayakan Lebaran dengan sanak keluarga. "Saya membawa anak dan istri saya balik ke kampung halaman di Pulau Pramuka," ujar Fahrizal.

Berdasarkan pantauan, Pelabuhan Kali Adem sudah dipadati penumpang sejak pukul 06.00 WIB. Namun, perjalanan penumpang menuju pelabuhan sedikit terganggu karena jalan masuk dari Pasar Muara Angke sempat banjir setinggi mata kaki orang dewasa.

Terpopuler