Ustaz Yusuf Mansur di Tanah Abang, Prof Rokhmin di Perumahan Bank Indonesia

Red: Damanhuri Zuhri

Senin 04 Jul 2016 23:42 WIB

Rokhmin Dahuri Rokhmin Dahuri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Agama Republik Indonesia baru saja menetapkan awal Syawwal atau Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah, jatuh pada hari Rabu 6 Juli melalui Sidang Isbat di Kantor Kementrian Agama, Jakarta, Senin (4/7).

Sidang Isbat penetapan awal Syawwal yang dihadiri sejumlah ulama, Duta Besar negara sahabat serta para tokoh ormas Islam itu, secara resmi menetapkan umat Islam Indonesia akan melaksanakan shalat Idul Fitri 1437 Hijriyah pada hari Rabu (6/7).

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang didampingi Ketua umum Majelis Ulama Indonesia KH Ma'ruf Amin serta pejabat Kementrian Agama Republik Indonesia mengharapkan seluruh umat Islam Indonesia dapat mematuhi kesepakatan yang diambil pada Sidang Isbat tersebut.

Lantas, di manakah Anda akan melaksanakan shalat Idul Fitri Rabu (6/7) mendatang? Informasi berikut ini bisa menjadi pilihan bagi umat Muslim terutama yang tinggal di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Pimpinan Pondok Pesantren Tahfidz Alquran Daarul Quran Ketapang, Tangerang, Banten, Ustaz Yusuf Mansur, akan menjadi khatib Idul Fitri di Masjid legenda, Masjid Al Makmur, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

''Masjid Al Makmur masih ada kaitannya dengan orang tua saya. Insya Allah saya akan menyampaikan tema Percaya Diri Melihat Masa Depan karena Ada Allah SWT,'' ungkap Ustaz Yusuf Mansur kepada Republika.co.id, Senin (4/7) malam.

Sedangkan Guru Besar Institut Pertanian Bogor yang juga mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Prof Dr Rokhmin Dahuri akan menjadi khatib Shalat Idul Fitri di masjid Perumahan Bank Indonesia di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan.

''Tema yang saya akan sampaikan pada shalat Idul Fitri di Perumahan Bank Indonesia adalah aktualisasi nilai-nilai ibadah shaum Ramadhan dalam Kehidupan Berbangsa menuju Indonesia yang maju, adil-makmur, dan diridhoi Allah SWT,'' ungkap Prof Rokhmin kepada Republika.co.id, Senin (4/7) malam.

Dengan menjadi insan yang bertakwa sebagai hasil dari ibadah puasa Ramadhan, kata Prof Rokhmin, akan membawa negara ini diberkahi Allah SWT alias maju dan sejahtera. Ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Alquran surat Al-A'raf ayat 96.

''Orang yang bertakwa, insya Allah akan melaksanakan perintah Allah SWT dan menjauhi setiap larangan-Nya, baik itu perintah dan larangan yang terkait dengan ibadah mahdhah (hablum minallah) maupun etos kerja dan akhlak (hablum minannas) seperti cinta iptek, kerja keras, professional, jujur, menyayangi sesama dan lingkungan hidup serta membenci segala kemsiatan dan dosa,'' jelasnya.

Terpopuler