Polisi akan Berlakukan Contra Flow untuk Arus Balik Lebaran 2016

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini

Senin 04 Jul 2016 20:31 WIB

Arus balik. Ilustrasi Foto: Antara Arus balik. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,CIKAMPEK -- Polda Jawa Barat mengantisipasi kemacetan arus balik Lebaran 2016. Kasubdit Kamsel (keamanan dan keselamatan) Ditlantas Polda Jabar, AKBP Gondo Triyono mengatakan arus balik harus diantisipasi dari jauh-jauh sebelumnya.

Gondo mengatakan permasalahan arus balik ada di rest area.  Salah satu cara untuk mengurai kemacetan, kata Gondo, Polda Jabar akan membuat contra flow ke arah Jakarta. Selain itu, Polda Jabar juga mengantisipasi penumpukan kendaraan di rest area.

"Dia, mereka atau yang mungkin melaksanakan arus balik bisa dengan alasan BBM-nya berkurang kedua tadi tuh mau buang hajat kadang tidak bisa ditahan," katanya di Cikopo, Senin (4/7).

Gondo mengatakan akan memanggil pengelola rest area untuk mencukupi kebutuhan pemudik. Selain pengelola rest area, pengelola SPBU juga akan dicek untuk memastikan ketersediaan BBM.

Gondo menambahkan biasanya yang menyebabkan penumpukan karena kapasitas rest area yang sudah penuh tapi ada antrean lagi di belakang. Karena itu, polisi dan pengelola rest area akan melakukan koordinasi untuk akurasi kapasitas rest area.

"Situasional bila memang penuh akan kami tutup tapi jika ada kapasitas lagi ya kami buka," katanya.

Terpopuler