Arus Mudik Jalur Selatan Jabar Lewat Tasikmalaya Ramai Lancar

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nur Aini

Senin 04 Jul 2016 19:25 WIB

Suasana mudik. Ilustrasi Foto: Republika/Wihdan Hidayat Suasana mudik. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,TASIKMALAYA -- Jalur mudik selatan Jawa Barat (Jabar) yang melintasi Kabupaten Garut, Tasikmalaya, Ciamis, dan Banjar terpantau ramai lancar. Keramaian dan kepadatan arus kendaraan terjadi wilayah Garut.

Memasuki Tasikmalaya hingga ke perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah terpantau lancar. Saat melintasi Malangbong Garut sampai Kadipaten Tasikmalaya pemudik disarankan berhati-hati karena di jalur tersebut minim PJU. Padahal kontur jalannya naik, turun, dan berkelok-kelok.

Arus lalu lintas jalur Jabar selatan pada Senin (4/7) malam terpantau lancar dan cuaca cerah. Penumpukan kendaraan terjadi setelah menuruni Tanjakan Gentong di Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya. Tapi penumpukan tidak terjadi terlalu lama.

Kepala Pospam Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya, AKP Tri Sumarsono mengatakan, perbatasan Tasikmalaya dan Ciamis terpantau lancar sampai malam ini. Cuaca pun nampak cerah.

"Di Cihaurbeuti Ciamis arus kendaraan dari arah Rajapolah ramai namun lancar," kata Kapala Pospam Cihaurbeuti, Iptu Budi Purwanto kepada Republika.co.id, Senin (4/7) malam.

Para pemudik yang melintasi Ciamis dan Banjar disarankan tidak memacu kendaraan terlalu cepat. Kondisi jalan relatif baik dan penerangan jalan pun memadai, tapi jalur tersebut tetap rawan kecelakaan karena kendaraan dari arah barat ke timur maupun sebaliknya kerap dipacu dengan kecepatan tinggi.

Terpopuler