Ada Personil Polisi Setiap 100 Meter Di Tol Cipali

Rep: Lintar Satria/ Red: Damanhuri Zuhri

Senin 04 Jul 2016 19:07 WIB

Kendaraan pemudik antre membayar di pintu keluar Tol Cipali, Jawa Barat, Sabtu (2/7). (Republika/Wihdan Hidayat) Foto: Republika/Wihdan Hidayat Kendaraan pemudik antre membayar di pintu keluar Tol Cipali, Jawa Barat, Sabtu (2/7). (Republika/Wihdan Hidayat)

REPUBLIKA.CO.ID, CIKAMPEK -- Kepala Sub Direktorat Keamanan dan Keselamatan Polda Jawa Barat AKBP Gondo T.R mengatakan Kepolisian sudah mempersiapkan banyak personil di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Selain ada polisi lalu lintas personil Brimob juga disiagakan.

"Kita sudah tambah yang tadinya delapan kendaraan sepanjang seratus meter sekarang hampir setiap sepuluh meter ada kendaraan polisi," kata Gondo saat ditemui di Pos Pemantauan Arus Mudik Operasi Ramadniya Jawa Barat, Cipoko, Senin (4/7).

Selain itu, tambah Gondo, personel dari Polres juga diperbantukan. Gondo mengatakan sejak H-7 sampai H-2 Tol Cipali belum bermasalah. Kepadatan pernah terjadi di H-4 dan H-3 sepanjang tujuh km. Gondo mengatakan setelah berkerjasama dengan PT. Lintas Mega Sedaya untuk mempercepat transaksi di tol kepadatan menjadi hanya sepanjang 500 meter.

Gondo mengatakan sampai hari ini kecelakaan di arus mudik 2016 sangat jauh berkurang dibandingkan tahun lalu. "Apakah meningkatnya kesadaran masyarakat atau sudah mengenal situasi medan yang ada. Ada kalanya gitu dia belum tahu situasi tidak sadar, tidak tahu atau pura-pura tidak tahu ini yang menjadi masalah," katanya.

Gondo memberi tips kepada pemudik mempersiapkan diri sebelum berkendara. Ia menyebutnya sebagai tri siap. "Siap administrasi seperti surat-surat dan identitas diri, siap pengemudi artinya pengemudi sehat dan fisiknya sehat, siap kendaraan artinya kendaraan sudah ready," tutur Gondo.

Terpopuler