Masjid Istiqlal Siap Gelar Shalat Idul Fitri 1437 H

Rep: rahmat fajar/ Red: Damanhuri Zuhri

Senin 04 Jul 2016 17:44 WIB

 Masjid Istiqlal, Jakarta Foto: Republika/Tahta Aidilla Masjid Istiqlal, Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Istiqlal siap menyambut hari raya Idul Fitri 1437 Hijriyah. Sejumlah persiapan telah dilakukan oleh pihak pengelola.

Sekretaris Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal, Rusli Efendi mengatakan, shalat ied nanti dijadwalkan akan dihadiri oleh Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla.

Rapat koordinasi pun sudah dilakukan untuk pengamanan Wapres. "Kesiapan teknis sudah dilakukan," ujar Rusli saat ditemui republika di Masjid Istiqlal Jakarta, Senin (4/7).

Koordinasi dengan kepolisian juga sudah dilakukan guna menjaga keamanan. Pasalnya, sekitar 200 ribu jamaah biasanya akan memadati Masjid Istiqlal saat shalat ied nanti.

Imam besar Masjid Istiqlal Pro Nazaruddin Umar akan menjadi Khatib pada shalat ied nanti. Sementara imam shalat ied yaitu Husni Ismail. "Jadi segala persiapan sudah disiapkan dengan baik," Rusli menegaskan.

Senin (4/7) sore Kementerian Agama menggelar sidang isbat penentuan 1 syawal 1437. Pantuan republika di lokasi sidang, peserta sidang sudah mulai berdatangan seperti dari duta besar dan ormasi Islam.

Terpopuler