Ini Kondisi Jakarta Ditinggal Mudik Sebagian Penduduknya

Red: Bilal Ramadhan

Senin 04 Jul 2016 16:00 WIB

  Libur panjang, kondisi jalan protokol Ibu Kota tampak lengang, Kamis (5/5). (Republika/Wihdan Hidayat) Libur panjang, kondisi jalan protokol Ibu Kota tampak lengang, Kamis (5/5). (Republika/Wihdan Hidayat)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kondisi lalu lintas di jalanan Ibu Kota Jakarta tampak lengang pada Senin atau H-2 Lebaran, jika Idul Fitri 1437 H ditetapkan jatuh pada 6 Juli 2016.

Hingga sekitar pukul 12.00 WIB, suasana lengang terjadi di kawasan kantor pemerintahan, antara lain Jalan Medan Merdeka Timur, Medan Merdeka Selatan, Medan Merdeka Barat, dan Medan Merdeka Utara, yang pada hari biasa cenderung padat oleh kendaraan bermotor.

Suasana lengang di Jakarta terjadi seiring dimulainya cuti bersama Lebaran 2016 oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pegawai perusahaan lainnya. Berdasarkan pantauan reporter Antara, jalan protokol seputar Jakarta Pusat, yakni MH Thamrin hingga ke Bundaran Hotel Indonesia ke arah Tosari juga sepi kendaraan bermotor sehingga mobil yang melintas cenderung melaju dengan kecepatan tinggi.

Untuk angkutan umum, Bus Transjakarta tetap beroperasi seperti biasa, namun bus koridor I dari Halte Harmoni ke Blok M juga sepi penumpang. Namun, keramaian masih terjadi di kawasan Monas yang dimanfaatkan untuk berolahraga dan jalan-jalan bagi sebagian warga ibu kota yang tidak mudik.

Tampak belasan orang juga mengantre di Halte Bus Pariwisata Keliling Jakarta di depan Monas dan Sarinah. Selain itu, pusat-pusat perbelanjaan yang mulai buka pukul 10.00 WIB juga masih ramai dikunjungi warga, antara lain di Carrefour Harmoni, Mal Grand Indonesia, dan Plaza Indonesia.

Kementerian Agama rencananya akan menggelar Sidang Isbat di Jakarta, Senin sore, untuk membahas penetapan Hari Raya Idul Fitri 1437 H.

Terpopuler