Wow, Terminal Ini Sediakan Ruang Baca untuk Penumpang

Rep: Binti Sholikah/ Red: Bilal Ramadhan

Senin 04 Jul 2016 15:33 WIB

Seorang polwan anggota Sat Lantas Polrestabes Surabaya, membagikan brosur Sosialisasi Mudik Aman kepada penumpang bus di Terminal Purabaya Bungurasih Surabaya, Jatim, Jumat (26/8). Foto: Antara/Eric Ireng Seorang polwan anggota Sat Lantas Polrestabes Surabaya, membagikan brosur Sosialisasi Mudik Aman kepada penumpang bus di Terminal Purabaya Bungurasih Surabaya, Jatim, Jumat (26/8).

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO - UPTD Terminal Purabaya Surabaya menyediakan fasilitas ruang baca bagi para penumpang. Ruang baca ini menjadi alternatif para penumpang yang bosan menunggu kedatangan bus di terminal yang terletak di Kelurahan Bungurasih Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo terasbut.

Ruang baca ini terletak di sisi kanan dari ruang tunggu penumpang, persis di samping Pos Siaran Pemberangkatan. Ukurannya tak begitu luas, hanya 3x3 meter. Namun, koleksi bukunya hampir 1.000 buah.

Sehari-hari, ruang baca ini dijaga oleh seorang petugas. Lili Ghozali, Petugas Perpustakaan Terminal Purabaya, mengatakan, ruang baca atau perpustakaan mini ini didirikan sejak 2013 oleh Pemkot Surabaya di bawah pengelolaan Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya.

"Koleksinya macam-macam, mulai dari bacaan anak-anak dan dewasa, buku-buku, majalah dan koran," kata Lili saat ditemui Republika di Perpustakaan Terminal Purabaya, Senin (4/7).

Menurutnya, ruang baca tersebut cukup menarik minat penumpang yang menunggu bus. Rata-rata ruang baca ini dikunjungi sekitar 35-40 orang setiap harinya. Ruang baca ini dibuka setiap Senin-Sabtu dari pukul 07.30 - 16.00 WIB untuk hari Senin-Kamis dan pukul 07.30-15.30 untuk Jumat-Sabtu.

"Kalau terminalnya lagi ramai, perpustakaannya juga ikut ramai, kadang kalau satu keluarga masuk gitu sampai enggak muat," ujarnya.

Buku-buku koleksi yang disediakan kebanyakan berasal dari Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya. Sebagian kecil merupakan sumbangan masyarakat. Seorang pengunjung, Suryono (44), mengaku setiap hari menyempatkan berkunjung ke ruang baca ini. Tak kurang dari dua jam ia menyempatkan membaca di perpustakaan tersebut. Hal pertama yang dicari kru bus Lorena ini adalah koran.

"Kan di sini korannya update terus, jadi saya pengen tahu perkembangan informasi terkini dan nambah pengetahuan juga," ucap Suryono.

Selain untuk menambah pengetahuan, ia mengaku betah berlama-lama di ruang tersebut karena nyaman. Ia berharap buku koleksi perpustakaan ini lebih banyak. Ia juga berharap nantinya ruang baca bisa lebih luas agar semakin banyak penumpang yang bisa masuk dan membaca.

Terpopuler