Menteri Yohana Sarankan Terminal Dilengkapi Ruang Bermain Anak

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Ilham

Senin 04 Jul 2016 13:27 WIB

Ruang bermain Anak (ilustrasi) Foto: foto : MgROL_45 Ruang bermain Anak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Susana Yembise, menyarankan adanya penambahan ruang bermain anak di stasiun dan terminal bus. Fasilitas ruang menyusui pun harus ditingkatkan kelengkapannya untuk keperluan arus mudik pada tahun-tahun mendatang.

"Sebaiknya pengelola terminal bus maupun stasiun kereta api harus mau menyediakan tempat bermain bagi anak-anak. Sambil menunggu jam keberangkatan mudik, anak-anak bisa bermain di sana untuk menghindari bosan," jelas Yohana kepada wartawan di Stasiun Senen, Senin (4/7).

Menurut Yohana, tidak perlu tempat yang luas untuk mendirikan pojok bermain. Pengelola cukup menyediakan sebidang tempat kosong dan ditambah alat bermain yang dapat digunakan anak-anak.

Secara umum, Yohana menilai fasilitas mudik 2016 telah cukup ramah untuk kebutuhan perempuan dan anak. Selain fasilitas ruang menyusui (laktasi) , mayoritas terminal bus dan stasiun telah menyediakan posko kesehatan.

"Hanya saja, belum semua posko kesehatan dijaga oleh dokter atau tenaga medis. Mestinya setiap posko paling tidak dijaga satu tenaga medis atau dokter agar maksimal menangani keluhan kesehatan pemudik," tambah Yohana.

Terpopuler