Antrean Kendaraan Gerbang Brebes Timur Capai Kanci

Red: Damanhuri Zuhri

Senin 04 Jul 2016 12:47 WIB

Kendaraan pemudik terjebak macet panjang menuju pintu keluar Tol Brebes Timur, Brebes, Jawa Tengah , Jumat (1/7).(Republika/Wihdan Hidayat) Foto: Republika/Wildan Hidayat Kendaraan pemudik terjebak macet panjang menuju pintu keluar Tol Brebes Timur, Brebes, Jawa Tengah , Jumat (1/7).(Republika/Wihdan Hidayat)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Antrean kendaraan di gerbang Tol Brebes Timur sudah mengular sampai tol Kanci. Untuk mengantisipasi kemacetan yang lebih panjang, pihak kepolisian terpaksa mengalihkan arus keluar pintu tol Kanci.

"Kemacetan di ruas jalan tol Kanci Pejagan itu sudah terjadi sejak pukul 04.00 tadi pagi," ungkap Iptu Sae Mulyana, Kanit PJR Tol Palikanci di Cirebon, Senin (4/7).

Mulyana menuturkan kemacetan yang mulai terjadi pagi itu, bisa mencapai 40 kilometer dengan kemacetan seperti itu pihaknya menerapkan pengalihan arus untuk meminimalisir kemacetan yang lebih panjang.

Selain karena volume kendaraan yang lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya, penerapan sistem transaksi terintegrasi juga menjadi salah satu faktor yang menjadi penyebabnya.

Ia mencontohkan, jika sebelum adanya sistem terintegrasi, ada jeda penumpukan kendaraan di beberapa pintu pembayaran. "Namun dengan adanya sistem pembayaran terintegrasi ini, membuat jumlah kendaraan yang cukup besar, tiba secara bersamaan," ujarnya menjelaskan.

Iptu Mulyana menambahkan untuk terus mengurai kemacetan yang terjadi, pihak Kepolisian terus bersiaga selama 24 jam di jalur pertemuan antara pintu keluar tol Kanci dan arah tol Pejagan.

Terpopuler