Harga Daging di Lubuklinggau Tembus Rp 150 Ribu/Kg

Red: Ani Nursalikah

Senin 04 Jul 2016 11:32 WIB

Daging sapi Foto: ROL/MGROL72 Daging sapi

REPUBLIKA.CO.ID, LUBUKLINGGAU -- Harga daging sapi yang dijual pedagang di beberapa pasar dan pusat perbelanjaan di Kota Lubuklinggau, Sumatra Selatan mencapai Rp 150 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 120 ribu per kilogram.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disprindag) Kota Lubuklinggau Farida Aryani mengatakan kenaikan harga daging tersebut bahkan diprediksi akan meningkat lebih tinggi menjelang H-1 lebaran.

"Kita tetap akan meminimalisir agar harga daging itu tidak terlalu tinggi karena stok diperkirakan cukup termasuk bahan kebutuhan pokok lebaran," katanya, Senin (4/7).

Ia mengatakan harga daging itu tak mungkin bisa dijangkau oleh masyarakat kecil, kecuali ada operasi pasar khusus daging. "Kita sekadar mengimbau dan melakukan pembinaan terhadap pedagang agar tidak menaikan harga bahan pokok terlalu tinggi seperti daging, telur dan daging ayam potong," katanya.

Salah seorang penjual daging di Pasar Satelit, Kota Lubuklinggau, Armen (38 tahun) mengatakan naiknya harga jual daging itu lumrah terjadi setiap menjelang Lebaran karena animo masyarakat untuk mendapatkan daging cukup tinggi.

"Kami hanya memanfaatkan momen tersebut meskipun stok daging cukup tapi serbuan pembeli dalam satu dua hari menjelang Lebaran itu adalah waktu paling tepat untuk mengembalikan kerugian selama ini," ujarnya.

Ia mengatakan pada hari-hari biasa permintaan masyarakat akan daging sangat rendah karena disamping tingkat ekonomi mereka anjlok, juga masyarakat sudah beralih mekonsumsi ikan dan ayam potong.

"Kenaikan harga itu adalah hukum dagang, bila permintaan tinggi tentu harga akan naik, tetap bila stok banyak dan permintaan sedikit maka akan terjadi penurunan harga," katanya.

Ia memperkirakan harga daging menjelang H-1 lebaran bisa mencapai antara Rp 170 ribu hingga Rp 190 ribu per kilogram, demikian juga harga daging ayam akan mencapai Rp 40 ribu dari saat ini sekitar Rp 36 ribu per kilogram. Untuk harga ikan air tawar akan naik sekitar 20 persen atau menjadi Rp 22 ribu dari harga hari-hari biasa karena stok ikan air tawar cukup banyak di pasaran.

Sedangkan harga sayur-mayur terutama kacang buncis, kol bulat, sawi putih, saledri dan bawang daun masih akan bertahan karena harganya sudah naik sejak pekan lalu.

Terpopuler