Hindari Macet di Tol Pejagan-Brexit, Pemudik Disarankan Lewat Pantura

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Bayu Hermawan

Senin 04 Jul 2016 10:36 WIB

Lalu lintas ke arah Tol Pejagan dan Brebes Foto: Twitter @TMCPoldaMetro Lalu lintas ke arah Tol Pejagan dan Brebes

REPUBLIKA.CO.ID, CIKOPO -- Bagi masyarakat yang hari ini akan melakukan perjalanan mudik ke Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim), disarankan tidak melintasi Tol Cipali. Sebab pemudik akan mengalami kemacetan panjang, khususnya di Gerbang Exit Tol Brebes Timur (Brexit).

Selain kemacetan parah, pemudik yang kelelahan juga sulit menemukan rest area untuk beristirahat, serta SPBU untuk mengisi bahan bakar kendaraan.

"Jadi pada musim mudik lebih nyaman lewat Pantura. Jika lelah, banyak restoran dan juga SPBU," kata Kepala Korps Lantas Polri Irjen Agung Budi Maryoto, Senin (7/4).

Agung melanjutkan bagi pemudik yang mau menghindari kemacetan Tol Cipali bisa keluar di gerbang Cikampek. Setelah itu, kendaraan dapat dipacu menuju jalur Pantura. Ia pun meminta pemudik untuk tidak berpikir jika melalui Tol Cipali maka jarak tempuh akan semakin singkat, sebab kondisi saat ini berbeda dengan kondisi hari biasa.

"Mudik yang penting sampai ke rumah dengan selamat. Percuma cepat tapi terjadi apa-apa jadi sebaiknya untuk H-2 lebaran ini lewat Pantura," ujarnya.

Pantauan Republika.co.id pada Senin pagi, situasi arus memasuki Tol Cipali dari Tol Jakarta-Cikampek masih lancar. Namun mendekati pintu keluar di 'Brexit', kemacetan akibat antrian pembayaran tol dapat mencapai 30 kilometer.

Sebaliknya, pemandangan kontras terlihat di jalur Pantura. Di sini, ruas tol lebih lengang dari roda empat dan truk. Hanya saja gelombang roda dya merajai jalanan sehingga pengemudi mobil perlu ekstra waspada menghindari senggolan.

Terpopuler