Budaya Sahur Bersama Eratkan Tali Silaturahim

Red: Damanhuri Zuhri

Senin 04 Jul 2016 09:15 WIB

Sahur bersama (ilustrasi). Foto: themuslimtimes.org Sahur bersama (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Saling bersalam-salaman dan berpeluk-pelukan, kemudian duduk saling berhadap-hadapan seraya ngobrol, diikuti sedikit sambutan setelah itu doa dan makan secara bersama-sama pula.

Itulah budaya sahur bersama yang sudah tujuh kali dilakukan Rudy Ariffin sejak masih menjabat gubernur Kalimantan Selatan dua periode pada bulan Ramadhan. Sahur bersama dengan kalangan wartawan di wilayah paling selatan di pulau terbesar nusantara ini.

"Saya kangen ketemu teman-teman wartawan, kebetulan saya juga terima SMS yang menanyakan masih adakah sahur bersama dengan wartawan, walau saya sudah tidak lagi menjabat Gubernur Kalsel? Saya jawab tentu tahun ini tetap ada," kata mantan Gubernur Kalsel Rudy Ariffin disambut tepuk tangan sekitar 50 wartawan yang hadir dalam acara sahur bersama tersebut.

Sahur bersama dengan mantan orang nomor satu di Pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan itu berlangsung Ahad (3/7) dini hari di kediamannya di Kota Banjarbaru, sekitar 40 Km utara Banjarmasin.

"Insya Allah jika ada umur, sahur bersama semacam ini tetap kita gelar pada tahun-tahun mendatang. Saya senang cara-cara ini karena mampu meningkatkan tali silaturahmi," kata Ketua DPW PPP Kalsel tersebut yang mengakiri jabatan selalu gubernur Kalsel sekitar delapan bulan lalu.

Hadir dalam acara sahur bersama itu, Ketua PWI Kalsel Faturahman serta seluruh unsur pengurus PWI dan sejumlah wartawan, di samping datang pula anggota DPR RI dua periode, HM Aditya Mufti Ariffin dari PPP asal daerah pemilihan Provinsi Kalsel yang juga putra dari Rudy Ariffin.

Selain itu terlihat pula Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarbaru, Komandan Kodim Kabupaten Banjar, serta Kapolres Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

Rupanya, gaya kepemimpinan Rudy Ariffin menggelar acara sahur bersama dengan berbagai unsur masyarakat tersebut, belakangan menjadi tren baru, sehingga bukan saja digelar kalangan pejabat, tetapi juga sudah merasuki budaya di kalangan pengusaha, tokoh masyarakat, dan komunitas.

Bahkan Gubernur Kalsel periode 2016-2020 Haji Sahbirin Noor melanjutkan budaya tersebut dan menggelar sahur bersama pula dengan kalangan wartawan pada Selasa (28/6).

Dalam acara sahur bersama tersebut Gubernur Sahbirin mengaku gembira bisa bertatap muka dengan hampir seluruh wartawan yang ada di Banjarmasin, hingga saling mengenal satu sama lain, dan saling tukar pendapat.

Terpopuler