Penumpang Tiba Dominasi Stasiun Daop 8 Surabaya

Red: Andi Nur Aminah

Ahad 03 Jul 2016 22:00 WIB

Penumpang bersiap menaiki KA Kertajaya tujuan Surabaya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Foto: Republika/ Yasin Habibi Penumpang bersiap menaiki KA Kertajaya tujuan Surabaya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Penumpang yang tiba pada H-3 atau tiga hari sebelum Lebaran lebih mendominasi dibanding penumpang yang berangkat di stasiun Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya. Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto di Surabaya, Ahad (3/7) petang mengatakan berdasarkan catatan terakhir total penumpang yang tiba mencapai 35 ribu orang, dan diperkirakan akan terus ramai sampai dengan H-1 atau 5 Juli 2016.

Sedangkan untuk penumpang yang naik atau berangkat tercatat 33 ribu orang. Untuk penumpang yang naik, Suprapto mengatakan masih didominasi pemudik dengan tujuannya sekitar Jawa Timur, seperti Bojonegoro, Madiun, Kertosono, Jombang, Blitar, Kediri, Malang, Jember dan Banyuwangi. "Trend ini diperkirakan akan terus berlangsung hingga hari Lebaran nanti atau sekitar tanggal 6 dan 7 Juli 2016," katanya.

Untuk penumpang jarak jauh, Suprapto mengatakan diperkirakan akan mengalami lonjakan pada tanggal 8 juli 2016 (H+1) sampai 14 Juli 2016 (H+6). Karena tiket dari Surabaya tujuan Jakarta dan Surabaya tujuan Bandung juga telah habis terjual.

Sementara secara rinci penumpang yang naik di beberapa stasiun Daop 8 Surabaya tercatat masing-masing Stasiun Surabaya Gubeng mencapai 7.025 penumpang, Surabaya Turi mencapai 5.657 penumpang, Malang 4.635 penumpang, Sidoarjo 2.202 penumpang dan Surabaya Kota/Semut mencapai 1.098 penumpang.

Sedangkan untuk ketersediaan tiket, Suprapto menyebutkan hingga H-3 okupansinya masih berkisar antara 65 sampai 70 persen, namun untuk setelah Lebaran, dari H+1 sampai H+6 tiket dari Surabaya/Malang ke Jakarta dan Surabaya/Malang ke Bandung telah habis terjual.

Terpopuler