Jalur Mudik Kaligawe Semarang Masih Tergenang Air Rob

Red: Yudha Manggala P Putra

Ahad 03 Jul 2016 21:00 WIB

Hujan lebat mengakibatkan genangan air/ilustrasi Foto: wikipedia Hujan lebat mengakibatkan genangan air/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Kendaraan pemudik Lebaran 2016 tidak ada yang berani melintasi Jalan Kaligawe Semarang akibat rob masih menggenangi jalur tersebut, Ahad (3/7) malam.

Berdasarkan pantauan, ketinggian rob di jalur Kaligawe bervariasi, antara 30-50 sentimeter sehingga hampir tidak ada kendaraan yang melintas, terutama para pemudik dari luar daerah.

Rob menggenang mulai sebelum perlintasan kereta api (KA) Kaligawe hingga jembatan tol yang membuat jalan terlihat lengang dan deretan pertokoan dan warung di sekitar kawasan itu tutup.

Mulai masuk kawasan Kaligawe, tepatnya di sekitar pertigaan Jalan Raden Patah terlihat papan  petunjuk bertuliskan "Hindari Jalan Kaligawe, Tergenang Rob" yang dipasang di tengah jalan.

Sejumlah pemuda juga tampak di lokasi itu yang menyarankan pengguna jalan untuk berbalik arah karena ketinggian rob nyaris tidak mungkin dilewati kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil.

Hanya ada beberapa kendaraan yang terpantau melintas di jalur Kaligawe, terutama mobil-mobil "jangkung" atau yang sudah dilengkapi suspensi tinggi, serta sejumlah sepeda motor berpelat dalam kota.

Menurut Agung, warga Kaligawe Semarang, rob sudah menggenang tinggi bersamaan dengan turunnya hujan deras sepanjang Sabtu (2/7) malam hingga membuat jalur Kaligawe tidak bisa dilewati kendaraan. "Kami menyarankan pengendara kendaraan (yang mau lewat jalur Kaligawe, red.) untuk berbalik arah kalau tidak mau terjebak rob," kata Agung yang bersama pemuda sekitar berada di lokasi itu.

Hujan deras mengguyur Kota Semarang, Jawa Tengah, sepanjang Sabtu (2/7) malam menyebabkan sebagian Jalan Kaligawe, Semarang, yang menghubungkan Semarang-Kabupaten Demak kembali tergenang rob.

Rob terpantau sempat surut pada Sabtu (2/7) siang sehingga kendaraan sudah bisa melintas dengan lancar, namun hujan dengan intensitas deras membuat genangan rob di kawasan itu naik lagi.

Pada Minggu (3/7) malam, hujan deras sempat kembali mengguyur wilayah Semarang, termasuk di kawasan Kaligawe Semarang, kemudian di Jalan Citarum, Jalan Pemuda, hingga Jalan Pandanaran, Semarang.

Terpopuler