H-3 Idul Fitri Tol Jakarta-Cikampek Padat Merayap

Rep: Lintar Satria/ Red: Andi Nur Aminah

Ahad 03 Jul 2016 17:55 WIB

Kendaraan melintas di ruas tol Tol Jakarta-Cikampek (ilustrasi) Foto: Republika/Yasin Habibi Kendaraan melintas di ruas tol Tol Jakarta-Cikampek (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Humas Jasa Marga Tol Jakarta-Cikampek Iwan Abrianto mengatakan pada H-3 Idul Fitri lalu lintas di gerbang tol Cikarang Utama cukup padat. Ada kenaikan jumlah kendaraan yang masuk.

Menurutrnya, terdapat 32.585 kendaaran pemudik yang masuk Cikarut Ahad (3/7). Iwan mengatakan hal ini menandakan adanya kenaikan sebesar 53 persen dari lalu lintas normalnya yang biasanya hanya berjumlah 21.266. "Untuk mengatasi hal ini dilakukan contra flow dari kilometer 53 hingga 61, saat ini lalu lintas lancar untuk kedua arahnya," katanya.

Iwan menambahkan untuk mengurangi beban lalu lintas di tol Cipali, diberlakukan buka tutup. "Kendaraan diarahkan keluar di gerbang tol Cikampek menuju ke Pantura," katanya.

Kapolri Jendral Badrodin Haiti mengatakan puncak arus mudik berada di H-7 sampai H-5. Dan akan ada penurunan jumlah pemudik pada Senin (4/7).  "Harus konsentrasi penuh saat ini," katanya dalam pertemuan dengan jajaran kepolisian Jawa Barat di Posko Operasi Ramadhania, Cikopo.

Dari data yang dikumpukan oleh Polda Jawa Barat ada peningkatan pemudik yang berangkat pada H-6 sebanyak 13 persen dari tahun lalu.  Padahal pemudik yang berangkat pada H-7 turun sebanyak 19 persen dan H-6 turun sebanyak 16 persen.

Terpopuler