87 Ribu Orang Diprediksi Sampai di Terminal Yogyakarta Hari Ini

Rep: Yulianingsih/ Red: Dwi Murdaningsih

Ahad 03 Jul 2016 14:59 WIB

Terminal Giwangan, Yogyakarta Terminal Giwangan, Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Puncak arus mudik melalui Terminal Penumpang Yogyakarta (TPY) atau Terminal Giwangan diperkirakan terjadi hari ini, Ahad (3/7).

Menurut Kepala UPT TPY, Bhekti Zunanto, jumlah penumpang yang mudik melalui terminal Yogyakarta pada puncak kali ini mencapai 37 ribu penumpang. "Kita perkirakan puncaknya hari ini, kedatangan akan banyak malam nanti," ujarnya, Ahad (3/7).

Tahun lalu ada puncak arus mudik penumpang yang datang melalui terminal Yogya sebanyak 35 ribu orang. Ahad malam kata dia akan datang 36 bus rombongan mudik gratis dari Kementrian Perhubungan. Dari 42 bus yang diberangkatkan baru 6 bus yang tiba di terminal Yogya dan mash 36 yang terjebak macet di Brebes. Sementara mudik gratis untuk sepeda motor sudah datang 15 truk dari Kementrian Perhubungan.

Berdasarkan data ujarnya, hingga H-4 lebaran atau Sabtu kemarin jumlah bus yang datang ke Terminal Yogya sebanyak 1.554 unit dan bus yang berangkat (pergi) sebanyak 1.425 unit. Jumlah penumpang datang sebanyak 33.073 orang dan penumpang pergi 28.045 orang.

Jumlah bus ekstra lebaran yang masuk ke terminal Sabtu sebanyak 71 bus. Dengan begitu sejak masa angkutan lebaran sudah ada 219. Unit bus ekstra lebaran yang masuk ke terminal.

Terpopuler