Tol Cipali Lancar, Jalan Arteri Cirebon-Brebes Macet Parah

Rep: Kabul Astuti/ Red: Dwi Murdaningsih

Ahad 03 Jul 2016 12:58 WIB

Kendaraan pemudik antre membayar di pintu keluar Tol Cipali, Jawa Barat, Sabtu (2/7). (Republika/Wihdan Hidayat) Foto: Republika/Wihdan Hidayat Kendaraan pemudik antre membayar di pintu keluar Tol Cipali, Jawa Barat, Sabtu (2/7). (Republika/Wihdan Hidayat)

REPUBLIKA.CO.ID, PALIMANAN -- Memasuki H-3 lebaran, arus mudik kendaraan yang melintasi jalan tol Cikopo-Palimanan mulai mengalami penurunan. Kondisi jalan tol ramai lancar. Kepadatan volume kendaraan dibuang ke jalan-jalan arteri di kawasan Pantura.

Jalan-jalan arteri di kawasan Cirebon Timur, Losari, hingga Brebes pada Ahad (3/7) macet parah. Lalu lintas didominasi oleh para pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua dan mobil pribadi. Kendati demikian, pihak kepolisian belum memberlakukan contra flow.

Jarak dari pusat kota Cirebon sampai Jalan Raya Losari Brebes harus ditempuh dalam jangka waktu empat jam. Jalan dipenuhi oleh pemudik yang hendak menuju ke daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Lalu lintas ke arah sebaliknya yang menuju Jakarta tampak lengang.

Ahad (3/7) diprediksi merupakan puncak arus mudik lebaran 2016 bagi pemudik kendaraan roda dua di kawasan Pantura. Volume kendaraan di jalur arteri belum menunjukkan penurunan. Kondisi lalu lintas di tol Pejagan dan Brebes juga mengalami kemacetan. Pemudik diimbau dapat menjaga kesehatan menghadapi padatnya arus kendaraan.

Sejak Sabtu (2/7) kemarin, pihak kepolisian di tol Cipali memang melakukan rekayasa arus lalu lintas berupa pengalihan arus ke GT Sumber Jaya. Hal itu dilakukan untuk mengurangi antrian panjang di GT Palimanan. Kendaraan dialihkan ke GT Sumberjaya kemudian masuk jalan tol lagi di GT Kanci.

Antrean kendaraan tidak bergerak sama sekali di Jalan Raya Losari Timur-Brebes. Di tengah kemacetan, sejumlah pemudik roda dua dan roda empat tampak beristirahat sementara di pinggir jalan. Bus angkutan penumpang dan kendaraan pikap angkutan barang masih melintas. Kondisi cuaca terpantau cerah.

Terpopuler