PMI Siagakan Ambulans dan Relawan

Red: Esthi Maharani

Ahad 03 Jul 2016 12:39 WIB

Palang Merah Indonesia Palang Merah Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, SIMPANG EMPAT -- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) siagakan ambulans dan tenaga relawan selama Idul Fitri 1437 Hijriah.

"Relawan PMI sudah siap memberikan pertolongan pertama bagi masyarakat yang membutuhkan nantinya," kata Ketua PMI Pasaman Barat, Yunisra Ahad (3/7).

Ia juga mengatakan telah mendirikan pos pelayanan PMI disejumlah titik jalur mudik dan dilokasi objek wisata. "Suasana lebaran akan kita jaga bersama. PMI ingin terlibat langsung dalam memberikan pertolongan kepada masyarakat," ujarnya.

Menurutnya, peran PMI saat ini dan untuk masa akan datang harus ditingkatkan. Tidak hanya sebagai penyedia dan rasilitator kebutuhan darah saja tetapi harus ikut serta dalam berbagai kegiatan sosial dan kemasyarakatan

"Salah satunya adalah ikut siaga untuk memberikan pertolongan jika ada yang membutuhkan saat lebaran," lanjutnya.

Ia menyebutkan salah satu yang disiapkan adalah tenaga relawan ditempat lokaai objek wisata dan pusat keramaian. Seperti objek wisata ikan larangan Lubuk Landur, objek wisata Waterboom Padang Tujuh dan objek wisata pantai Sasak dan Air Bangis.

Tenaga relawan yang disiagakan tersebut adalah para relawan PMI yang sudah memiliki kemampuan terhadap penanggulangan bencana. Selain itu sudah pernah mengikuti pelatihan dibidang pertolongan pertama yang diadakan oleh PMI.

Terpopuler