Jalur Mudik di Sleman Ramai Lancar

Rep: Rizma Riyandi/ Red: Damanhuri Zuhri

Ahad 03 Jul 2016 11:14 WIB

jalur mudik (ilustrasi) jalur mudik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Hingga H-3 Idul Fitri, beberapa jalur mudik di Kabupaten Sleman terpantau ramai lancar. Meskipun volume kendaraan mulai meningkat dari hari-hari biasanya, hal tersebut sama sekali belum menimbulkan kemacetan.

Berdasarkan pantauan Republika, peningkatan volume kendaraan mulai terjadi di Jalan Laksada Adisutjipto atau Jalan Solo. Baik kendaraan menuju ke arah Kota Yogyakarta, maupun ke arah Klaten. Keramaian kendaraan tersebut terus berlangsung hingga wilayah Prambanan.

Kanit Dikyasa Polres Sleman, Ipda Arfita Dewi menuturkan, lancarnya arus kendaraan, salah satunya disebabkan sistem rekayasa lalu lintas yang memberlakukan flash tanpa lampu merah di sepanjang Jalan Solo. "Jadi kendaraan bisa jalan terus tanpa terhalang lampu merah. Kecuali hanya di beberapa titik, seperti pertigaan Pasar Kalasan," katanya.

Kondisi serupa juga terjadi di jalur lain yang biasa dilewati pemudik, yakni Ring Road Utara. Berdasarkan pantauan Republika, lalu lintas di jalur tersebut masih lancar, dengan peningkatan volume kendaraan tidak sebanyak di Jalan Solo.

Namun demikian, sejumlah kendaraan roda empat berplat luar daerah, seperti D (Bandung) dan B (Jakarta) sudah terlihat lalu lalang di jalu-jalur mudik Kabupaten Sleman. Kendaraan tersebut juga tampak membawa barang-barang tambahan di bagian atas.