Mau Silaturahim, Ini Kiat Cairkan Suasana

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Agung Sasongko

Ahad 03 Jul 2016 10:36 WIB

Silaturahim Foto: ANTARA Silaturahim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak mengenal separuh ruangan saat berkumpul dengan keluarga besar di kampung halaman? Untuk menghindari kecanggungan, coba cairkan suasana dengan percakapan sederhana berikut ini.

- Senyum dan salam

Memberi sepotong senyum dan mengucap salam bisa menjadi pembuka efektif. Anda bisa menyebutkan nama dan menjabat tangan lawan bicara yang belum dikenal.

- Sedikit humor

Humor adalah metode yang baik untuk memulai interaksi. Cara ini bisa Anda terapkan kepada lawan bicara yang umurnya tak terpaut jauh.

- Bicarakan makanan

Daripada berdiri diam di sudut ruangan, mulailah percakapan tentang topik yang ada di benak setiap orang: makanan. Bertanya tentang hidangan favorit salah satu tamu atau berbagi resep tertentu bisa menjalin keakraban.

- Tanya rencana

Berbicara tentang rencana masa depan menjamin hadirnya percakapan seru. Misalnya, rencana wisata keluarga bersama atau acara asyik lain yang hendak digagas.

- Gali informasi

Anda bisa mengajukan pertanyaan tentang lokasi tempat tinggal atau pekerjaan seseorang. Percakapan demikian akan memungkinkan kedua belah pihak berbicara tentang diri sendiri dan saling mengenal.

- Puji busana

Jangan ragu memberikan pujian jika Anda benar-benar terkesan dengan busana yang dikenakan lawan bicara. Selain menyanjung dengan kadar tepat, Anda juga bisa melanjutkan percakapan menyenangkan seperti bertanya di mana item dibeli.

- Bicarakan hal positif

Membicarakan topik positif akan membuat orang-orang membuat kesan baik tentang Anda. Cara lain ialah melibatkan diri di antara orang-orang yang tengah membincangkan topik menarik.