Antrean Motor Membludak Buat Macet Pelabuhan Merak

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Indira Rezkisari

Ahad 03 Jul 2016 05:31 WIB

Pemudik beristirahat saat antre untuk memasuki kapal tujuan Bakauheni di Pelabuhan Merak, Banten, Ahad (3/7) dini hari. Puncak arus mudik di Pelabuhan Merak diperkirakan terjadi pada hari ini Sabtu (2/7) hingga Ahad (3/7). Foto: Republika/Raisan Al Farisi Pemudik beristirahat saat antre untuk memasuki kapal tujuan Bakauheni di Pelabuhan Merak, Banten, Ahad (3/7) dini hari. Puncak arus mudik di Pelabuhan Merak diperkirakan terjadi pada hari ini Sabtu (2/7) hingga Ahad (3/7).

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON -- Kemacetan panjang menuju pintu masuk Pelabuhan Merak kembali terjadi, Ahad (3/6). Kemacetan bukan hanya dikarenakan kendaraan roda empat dan lebih, namun volume kendaraan roda dua yang membludak pun membuat ‎kemacetan tak terbendung.

Dari pantauan Republika.co.id kemacetan telah terjadi sejak Sabtu (2/6) malam. Kendaran roda empat dan lebih yang keluar dari tol Merak akhirnya harus tertahan karena pihak kepolisian memberlakukan skema buka tutup pasca pintu keluar.

Skema ini kemudian dilakukan hin‎gga, Ahad (3/6) dini hari sehingga kemacetan hanya terjadi di sekitaran jalan Sagalo dan Cikusa. Namun menjelang pagi hari sekitar pukul 05.00 WIB, jalur buka tutup juga akhirnya diberlakukan untuk sepeda motor yang melewati jalan Arteri Merak.

Jalan yang dikhususkan bagi kendaraan roda dua ini akhirnya harus mengalami kemacetan karena kendaraan roda empat dan lebih yang seharusnya mengantre lewat Jalan Sagalo sudah tidak tertampung.

Kemacetan ini nampaknya akan terjadi hingga pagi dan siang hari karena kendaraan dari pintu gerbang Tol Merak pun masih belum keluar semua. Bahkan pihak kepolisian memprediksi bahwa hari ini menjadi puncak terakhir arus mudik yang ingin menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Terpopuler